comscore

Menulis 'Motivation Letter' Beasiswa, Tak Sekadar Mengklaim Diri Sendiri

Citra Larasati - 30 April 2022 16:54 WIB
Menulis Motivation Letter Beasiswa, Tak Sekadar Mengklaim Diri Sendiri
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Surat motivasi atau motivation letter menjadi salah satu dokumen penting yang harus disiapkan ketika seseorang akan melamar beasiswa atau mengikuti pertukaran pelajar di dalam maupun luar negeri. Karena itu, menulis motivation letter sebaiknya dilakukan dengan baik dan kuat, jangan asal atau sekadar sebagai pelengkap persyaratan.

Hal ini mendorong UKM AIESEC in Unpad memberikan edukasi mengenai bagaimana menulis motivation letter yang baik melalui lokakarya “Impact Circle 4.0.

Lokakarya ini diikuti lebih dari 60 partisipan. Pembicara pertama pada lokakarya tersebut adalah penerima beasiswa Turki atau beasiswa YTB sekaligus kreator konten Fachruqi Waris. Fachruqi menjelaskan mengenai cara membuat motivation letter secara umum, serta pentingnya mengecek pedoman dalam perguruan tinggi ataupun beasiswa yang ingin diambil peserta. 

Fachruqi juga mengajak peserta memahami mengenai motivation letter, study plan, dan research plan. Selanjutnya, peserta mendapat informasi mengenai fungsi, manfaat, dan jenis motivation letter oleh penerima beasiswa Erasmus dan ICM Programme Yuyud Tri Guntoro.

"Surat motivasi yang baik bukan sekadar mengklaim diri sendiri, tetapi menunjukkan diri sendiri," kata Yuyud dikutip dari laman Unpad, Sabtu, 30 April 2022.

Baca juga:  Catat! Tanggal Penting Seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia

Pembicara terakhir, penerima beasiswa ISS Erasmus dan PAIR Program Officer Australia-Indonesia Centre Fadhilah Triya W menjelaskan lebih detail mengenai struktur motivation letter yang baik, hal yang boleh dan tidak boleh saat menulis surat, dan permasalahan yang biasanya sering terjadi dalam penulisan surat.(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id