7 Jurusan Paling Dibutuhkan Dalam 5 Tahun ke Depan

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 08 Maret 2021 10:07 WIB
    7 Jurusan Paling Dibutuhkan Dalam 5 Tahun ke Depan
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta:  Salah jurusan adalah hal yang kerap diucapkan mahasiswa saat merasa tidak cocok dengan jurusan atau program studi (prodi) yang diambil saat kuliah. Bahkan meski itu pilihannya sendiri, tetapi saat menjalani ternyata sering kali tidak sesuai dengan ekspektasi.

    Hasil survei pun membuktikan fenomena tersebut. Indonesia Career Center Network (ICCN) dalam survei mereka di tahun 2019 menunjukkan, terdapat 87 persen mahasiswa menyatakan bahwa mereka mengaku salah dalam memilih jurusan dan 70 persen lulusan universitas tidak bekerja sesuai dengan disiplin ilmunya.






    Untuk itu, penting sejak duduk di SMA untuk melakukan pendalaman jurusan-jurusan yang akan dipilih. Selain berdasarkan minat dan bakat, yang terpenting juga adalah prospek kerja di masa yang akan datang.

    Berikut tujuh jurusan yang paling dibutuhkan lima tahun ke depan yang dirangkum dari berbagai sumber:

    Computer Science (Ilmu Komputer )

    Masa depan akan semakin erat dengan dunia digital. Mulai dari keuangan sampai dengan pendidikan. Ke depan sarjana ilmu komputer akan selalu memiliki tempat.  Dalam disiplin ini Kamu akan belajar tentang algoritma, pemrograman, dan pembuatan sistem digital.

    Dalam ilmu komputer ini termasuk di dalamnya adalah jurusan Teknik Informatika. Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari mengenai ilmu komputer, analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi dalam sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer. Jurusan ini sangat dibutuhkan untuk pengolahan big data.

    Pariwisata

    Industri hospitality tidak akan pernah ada matinya, sebesar apapun dunia ini akan berubah nantinya. Seperti saat ini, di tengah pandemi covid-19 industri ini tetap mencoba bangkit. Salah satunya dengan penyediaan layanan staycation atau liburan di dekat rumah.

    Banyak orang yang akhirnya menghabiskan waktu di hotel yang dekat dengan lingkungan rumah. Staycation pun tengah menjadi tren tersendiri di tengah pandemi.  Sektor pariwisata juga bakal terus berkembang didorong dengan tumbuhnya masyarakat kelas menengah di Indonesia.

    Ekonomi Bisnis

    Semakin berkembangnya zaman, banyak dari masyarakat yang mulai menekuni bisnis, minimnya dibuka lapangan pekerjaan sehingga mengubah pola pikir masyarakat untuk mulai mengelola atau membuka bisnis secara mandiri.

    Ilmu ekonomi dan bisnis merupakan salah satu ilmu yang terus menerus dikembangkan. Di pemerintahan lulusan ilmu ekonomi sangat dibutuhkan sebagai analis yang berperan penting dalam roda perekonomian negara baik sektor fiskal maupun sektor moneter. Ilmu ekonomi juga dibutuhkan dalam perdagangan internasional.

    Kedokteran dan Bidang Kesehatan Lain

    Kesehatan menjadi fokus dalam kebutuhan masyarakat dunia, sebelum pandemi covid-19 menyerang, tenaga medis tetaplah tenaga kerja yang sangat dibutuhkan. Ilmu kesehatan pun terus berkembang, penelitian dan temuan baru seputar kesehatan juga terus bermunculan sehingga pengetahuan mengenai kesehatan terus di-upgrade untuk memenuhi kebutuhan.

    Psikologi

    Lulusan Psikologi dapat berkarier sebagai konsultan psikolog atau menjadi psikolog, recruiter atau talent acquisition dan dalam instansi pemerintahan lulusan ini dapat bekerja sebagai ahli intervensi sosial yang tugasnya membantu pemerintah menangani konflik-konflik dalam kelompok atau komunitas tertentu di lingkungan masyarakat.

    Dalam jurusan ini akan mempelajari mengenai analisis perilaku dan kepribadian manusia yang sangat bermanfaat untuk berbagai industri.

    Teknik Elektro

    Jurusan teknik elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Dalam jurusan ini juga membahas metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi.

    Perkembangan teknologi digital yang diprediksi akan menggantikan 56 persen tenaga kerja dunia. Jadi, jika Kamu seorang profesional di bidang elektro tentu hal ini akan menguntungkan di masa depan.

    Teknik Kimia

    Teknik Kimia merupakan cabang ilmu yang mempelajari bagaimana proses dan cara mengubah bahan baku mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang lebih bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses kimia. Mahasiswa jurusan teknik kimia dapat merencanakan dan merancang alat-alat proses, mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara pabrik atau industri.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id