Fitchips

    Jangan Terbuai Malas, Ini 10 Jurus Agar Rajin Belajar

    Gervin Nathaniel Purba - 26 Juni 2019 07:11 WIB
    Jangan Terbuai Malas, Ini 10 Jurus Agar Rajin Belajar
    Rasa malas belajar jangan dibiarkan karena akan menghambat diri untuk maju dan berprestasi (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Menjelang ujian, belajar adalah hal yang wajib. Namun pada pratiknya, rasa malas dan keinginan menunda kerap terjadi. Alih-alih buka buku, justru malah asyik main gawai atau menonton televisi.

    Bagi sebagian orang, belajar merupakan hal yang membosankan. Rasa ini jangan dibiarkan karena akan menghambat diri untuk maju dan berprestasi. 

    Ada 10 tips mengatasi malas belajar yang bisa Anda coba, berikut ini.

    1. Tempat Belajar yang Nyaman

    Banyak orang memiliki tempat favorit, baik di dalam atau di luar rumah sehingga membuat belajar tetap fokus. Anda bisa mencari sudut rumah yang tenang untuk membantu konsentrasi.

    2. Pilih Waktu yang Tepat

    Beberapa orang lebih suka belajar pada pagi hari. Sementara, beberapa orang lainnya lebih suka belajar pada malam hari? Anda lebih suka yang mana? Apapun pilihannya, yang penting tetap fokus belajar.

    3. Hindari Berbaring

    Belajar sambil berbaring akan membuat susah fokus. Sebaiknya cari kursi dan meja yang nyaman supaya belajar tetap fokus.

    4. Pasang Target

    Salah satu penyebab orang cepat bosan ketika belajar karena tidak menetapkan target. Sebelum mulai belajar, tulis bab apa yang ingin Anda selesaikan atau berapa banyak tugas yang harus diselesaikan.

    5. Metode Belajar Kreatif

    Salah satu cara untuk membuat belajar lebih menyenangkan adalah dengan memikirkan cara yang lebih kreatif untuk menghapal sesuatu, daripada hanya menatap buku berjam-jam. 

    Gunakan bagan atau warna yang menarik agar konsep penting tetap melekat dalam ingatan, atau tonton video pendek tentang topik yang sedang Anda pelajari.

    6. Baca Materi yang Penting

    Pastikan semua materi yang penting telah Anda baca. Jangan sampai ada yang terlewat. Meskipun berupa buku yang tebal, tapi hal itu bagus untuk membuat Anda tetap fokus.

    7. Selingi Istirahat

    Anda perlu merelaksasi mata, tangan, dan pikiran selama 15 menit setiap dua jam sekali. Saat istirahat, Anda bisa mengonsumsi camilan untuk meningkatkan fokus. Fitchips bisa menjadi pilihan camilan yang enak dan sehat. Fitchips merupakan keripik gandum yang terbuat dari multigrain atau biji-bijian dan kaya serat, seperti oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. Multigrain merupakan sumber serat dan baik untuk memelihara kesehatan jantung dan tidak membuat gemuk.

    8. Hindari Makanan Cepat Saji

    Hindari makan dalam porsi besar atau makanan cepat saji selama waktu ujian. Selain mengatur porsi makan, mengonsumsi buah-buahan dan sayur akan membantu otak berpikir jernih.

    9. Cukup Tidur 

    Jam tidur yang cukup sangat penting bagi otak untuk dapat fokus belajar, membuat tubuh fit dan memperbaiki mood untuk menyambut ujian. 

    10. Apresiasi Diri Sendiri

    Setelah belajar dan hasil ujian memuaskan, tak ada salahnya memanjakan diri dengan makanan yang Anda suka. Bebaskan diri mengemil. Namun, jangan sampai kebablasan. Sebaiknya, makan camilan sehat seperti Fitchips.

    Fitchips merupakan camilan sehat yang terbuat dari multigrain atau biji-bijian dan kaya serat, seperti oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. Multigrain merupakan sumber serat dan baik untuk memelihara kesehatan jantung dan tidak membuat gemuk.

    Fitchips hadir dalam tiga varian rasa, yakni honey BBQ, seaweed, serta cheese & herbs. Sediakan selalu Fitchips untuk mengatasi keinginan mengemil. Selain itu, Fitchips dibuat tanpa penguat rasa/MSG, pengawet, pewarna dan pemanis buatan (4P). Rasa asin pada Fitchips didapat dari garam yang juga berfungsi sebagai pengawet alami.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id