comscore

Mengulik Jurusan Desain Interior, Prospek Kerja Hingga Kampus Pilihannya

Citra Larasati - 22 Desember 2021 15:00 WIB
Mengulik Jurusan Desain Interior, Prospek Kerja Hingga Kampus Pilihannya
Ilustrasi desain interior. Foto: Shutterstock
Jakarta:  Jika kamu punya hobi menata ruangan dengan berbagai macam gaya, dan suka melihat pernak pernik serta furniture dengan berbagai gaya? Bisa jadi itu tanda-tanda kamu memiliki passion untuk menekuni bidang desain interior loh.

Namun ternyata, menata dan mendesain ruangan itu juga ada ilmunya yang bisa kamu dapatkan secara formal di perguruan tinggi.  Caranya adalah dengan masuk ke jurusan desain interior yang akan memberikan kamu banyak ilmu tentang cara mengatur tata letak sebuah ruangan agar tak hanya nyaman, namun juga artistik dan enak dipandang.
Ketika lulus dari jurusan ini, kamu bisa menekuni profrsi sebagai desainer interior. Ini adalah profesi bagi orang yang merencanakan, memilih bahan, melakukan riset hingga melakukan pengawasan saat pengerjaan sebuah ruangan. Tujuannya tentu saja agar space yang ada terlihat indah dan dapat berfungsi dengan baik.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan Desain Interior, kamu harus cari tahu dulu seluk-beluk jurusannya. Yuk, simak informasi lengkapnya, mulai dari mata kuliah, prospek kerja, hingga pilihan kampusnya yang dikutip dari laman Ruangguru berikut ini.

Apa itu Jurusan Desain Interior?

Desain Interior adalah sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang yang ada di sebuah bangunan. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk perlindungan, desainer interior juga merancang ruang yang akan memengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian penghuninya.

Pernah merasa kamar kamu sumpek dan berantakan? Dengan bantuan ahli desain interior, sebuah kamar bisa dimaksimalkan fungsinya sehingga membuat kamu lebih nyaman dan betah berada di dalamnya. Tentu saja dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosial psikologis manusia, serta budget yang dimiliki.

Namun, masih banyak juga yang bingung ketika membedakan dengan jurusan arsitektur, apa sih bedanya?

Baca juga:  4 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL, Cek di Sini

Nah, jurusan Desain Interior dan Arsitektur berbeda ya, Sobat Medcom. Jurusan Arsitektur berfokus pada rancangan keseluruhan bangunan, sedangkan Desain Interior lebih berfokus pada optimalisasi pemanfaatan ruang yang tersedia.

So, pada dasarnya, desain interior adalah ilmu perancangan berupa solusi dengan mengandalkan seni dan teknik. Misalnya, untuk desain sebuah ruangan itu harus tahu fungsi ruangannya apa, untuk siapa, pribadi atau komersial, dan sebagainya.

Mata Kuliah Jurusan Desain Interior

Dilansir dari laman ITB, di jurusan ini kamu akan belajar tentang hubungan antara manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan. Contohnya, bagaimana cara menciptakan ruang yang sesuai dengan sifat pengguna dan jenis kegiatannya.

Ruangan harus mampu mendukung seluruh kebutuhan pengguna, termasuk meningkatkan mood saat digunakan.  Coba bayangkan, apabila ruang kerja seorang dokter gigi seluruh ruangannya didesain dengan warna hitam, pasti produktivitasnya akan terganggu ‘kan? Atau misalnya, ruang kerja dokter spesialis anak pasti didesain berbeda dengan ruang dokter yang pasiennya orang dewasa.

Eits, nggak cuman itu saja yang kamu pelajari di jurusan ini, masih banyak mata kuliah dan pengetahuan lainnya. Apa saja?

“Buat masuk ke jurusan ini, harus bisa gambar ya?”

Memiliki kemampuan menggambar atau desain bisa jadi kelebihan di jurusan ini. Namun, jangan khawatir jika kamu tidak terlalu bisa mengambar. Kamu akan diajarkan dari awal kok mengenai dunia gambar, warna, pemodelan 3D, proses mendesain interior, hingga desain furnitur.

Keahlian Dasar yang Harus Dimiliki

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bidang interior sangat erat kaitannya dengan seni dan estetika.  Jadi, agar kamu sukses dan lancar saat mengikut perkuliahan, kamu harus menjadi pribadi yang kreatif, percaya diri, detailed oriented, bisa berkomunikasi dengan baik, dan punya kemampuan organisasi serta team work yang baik.

Enggak hanya itu, saat menjadi seorang desainer interior kamu akan banyak bekerja dengan klien. Untuk itu kamu juga harus bisa menjadi negosiator yang andal, mampu menyelesaikan masalah, pintar mengatur budget, bisa bekerja bersama tim dan punya keinginan untuk terus belajar.

Tentu aja, kamu juga harus terus memperkaya diri dengan ilmu dan inspirasi baru agar nggak stuck dengan ide yang itu-itu aja.  Jurusan ini juga memungkinkan kamu untuk eksplor ide seluas-luasnya, lho. Kamu bisa bikin eksperimen yang akan menjawab masalah ruang.

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Saat kamu lulus dari Desain Interior kamu akan memperoleh gelar S.Ars. Kamu bisa berkarier sebagai perancang desain interior, konsultan desain interior, desainer interior kendaraan bermotor, desainer interior untuk set panggung atau event, bekerja di perusahaan-perusahaan konstruksi interior, penyedia produk interior, dan masih banyak lagi.

Tahapan Bekerja sebagai Desainer Interior

Sebagai desainer interior biasanya kamu akan bertemu dengan klien untuk mengatur anggaran sebuah ruangan. Kemudian, kamu akan memulai project research untuk mencari material yang tepat mengisi ruangan tersebut.

Setelah itu, kamu harus menggambar dan membuat mood board yang akan dipresentasikan ke klien.  Nah, pengetahuan desainer interior akan sangat diuji karena kamu nggak hanya harus membuat desain yang bagus tetapi juga baik dari segala aspek.

Kampus dengan Jurusan Desain Interior Terbaik

Berdasarkan data dari banpt.or.id, hanya ada 11 universitas dengan jurusan ini yang mendapatkan Akreditasi A. Yuk, simak daftarnya.
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Universitas Kristen Maranatha 
  • Universitas Komputer Indonesia
  • Universitas Kristen Petra
  • Universitas Telkom
  • Institut Teknologi Nasional (Itenas)
  • Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Universitas Bina Nusantara (Binus University)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id