Dua Mahasiswa Berprestasi UNS Bagikan Tips Menulis Karya Ilmiah

    Citra Larasati - 22 Juli 2021 07:09 WIB
    Dua Mahasiswa Berprestasi UNS Bagikan Tips Menulis Karya Ilmiah
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta;  Dua mahasiswa berprestasi Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi pembicara dalam webinar bertema 'Kupas Tuntas Kepenulisan Ilmiah Mewujudkan Teknik Berprestasi'.  Keduanya membagikan sejumlah tips, mulai dari menggali ide hingga menuangkannya ke dalam sebuah tulisan ilmiah.

    Mahasiswa prodi Pendidikan Matematika UNS, Fatata A’izaza menyampaikan materi mengenai menggali ide dalam menulis. Ia mengatakan bahwa langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu melakukan brainstorming. Yakni merupakan proses berpikir dalam suatu pemecahan masalah dari permasalahan yang ada.

     



    Brainstorming dapat meningkatkan problem solving skills dari berbagai sudut pandang.  Langkah yang pertama dari brainstorming yaitu comprehensive reading, melakukan pemahaman dari apa yang telah dibaca, bisa jurnal, artikel, buku, maupun lainnya.

    "Dari step ini kita bisa mendefinisikan masalah dan mendapatkan referensi.  Kemudian, accommodate some topics, semakin banyak topik dan sudut pandang akan semakin baik. Berikutnya diskusi, bagaimana cara mengulas permasalahan yang kira-kira dapat digunakan atau dipraktikkan,” jelas Fatata yang pernah meraih juara menulis esai tingkat internasional ini, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, 22 Juli 2021.

    Langkah terakhir yang Ia bagikan yaitu evaluasi yang merangkum. Ia menganjurkan memiliki buku tersendiri untuk menuliskan ide-ide yang terpikirkan saat itu, ide tersebut dapat muncul dari manapun dan dapat dieksekusi kapan pun.

    Baca juga:  Direktur LPDP Bagikan Tips Cara Merintis Jadi Entrepreneur

    Setelah brainstorming, selanjutnya adalah mengidentifikasi masalah.  “Identifikasikan masalah dari berbagai sudut pandang. Pada tahap ini harus dibuat batasan antara apa yang dibahas dan tidak agar tulisan kita spesifik dan tidak melebar kemana-mana. Setelah itu, cari data dan fakta pendukung, buat solusi, bangun kerangka berpikir, dan konsultasi serta eksekusi,” ujarnya

    Sementara itu, Mahasiswa Berprestasi FKIP UNS, Atina Rahmawati memaparkan cara menulis karya tulis beserta tips dan triknya.

    “Syarat penulisan karya tulis ilmiah itu harus logis, ditulis secara sistematis, objektif, dan etis  atau dapat mencakup sikap ilmiah. Lalu, struktur karya ilmiah terdiri atas judul, abstrak, pendahuluan, kajian pustaka, metode penulisan, pembahasan, penutup, daftar pustaka, dan lampiran,” terangnya.

    Ia memberikan tips dalam menentukan judul, hendaknya judul mampu menggambarkan keseluruhan isi, deskriptif, dan inovatif. Biasanya, penggunaan singkatan atau akronim dapat menjadi poin yang menarik pada judul.

    Lalu, pada bagian abstrak harus bisa menggambarkan secara singkat karya tulis yang telah dibuat. Oleh karena itu, jangan memperbanyak latar belakang pada abstrak karena jumlah karakter pada abstrak sendiri juga terbatas.

    Cara menulis yang baik bisa diawali dengan visualisasi dan penjelasannya detail, great branding, dan runtut. Berikutnya alur dari umum ke khusus, gunakan data yang memperkuat argumentasi serta yakin karyamu adalah solusi yang paling tepat.

    "Komponen lain yang penting adalah menuliskan kebaruan, menggunakan PUEBI, buat grafik atau tabel agar lebih mudah dipahami, dan lakukan parafrase,” pungkasnya.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id