Tips Menghadapi 'Salah Jurusan' dalam Menempuh Studi

    Ilham Pratama Putra - 30 Oktober 2020 15:42 WIB
    Tips Menghadapi 'Salah Jurusan' dalam Menempuh Studi
    CEO Media Group Mirdal Akib.
    Jakarta: Banyak pelajar seringkali merasa salah mengambil jurusan baik di bangku sekolah tingkat menengah atas, kejuruan, maupun pendidikan tinggi. Tak perlu berkecil hati, CEO Media Grup Mirdal Akib menyebut, salah jurusan masih bisa diselamatkan.

    "Anda sudah ada di jurusan itu ya maka harus fokus. Pilihan memang banyak tapi tidak mungkin semua Anda jalani," kata Mirdal dalam live instagram @OSC_Medcom, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Dengan jurusan yang dipilih, pelajar diminta memaksimalkan kemampuan yang ada. Bagaimana pun, pendidikan tidak ada yang lebih mudah ataupun lebih susah.

    "Lakukan jurusan sekarang dengan semaksimal mungkin, nikmati. Bagaimana cara menikmatinya? tentukan tujuan yang ada di depan," sambung Mirdal.

    Baca: Cara Atasi Kecanduan Gawai pada Anak

    Selanjutnya, pelajar perlu membangun kepercayaan diri atas pilihan jurusan tersebut. Tak masalah, jika pelajar masih mengalami kebuntuan dalam menyelesaikan studi di jurusan tertentu.

    "Karena kepercayaan diri itu dibangun dari kesalahan berkali-kali. Jadi tidak usah takut salah. Anak muda itu harus mau kenyang salah," terangnya.

    Meski begitu, Mirdal mengingatkan para pelajar untuk lebih berhati-hati ketika akan memilih jurusan studi. Memilih jurusan dalam studi tak ubahnya seperti menaiki bus.

    "Suka sedih kalau orang sudah lulus suka bingung ambil jurusan apa ya, padahal ini sama seperti naik angkutan. Kalau tidak tahu ya jadinya tidak fokus. Tapi yang lebih penting lagi bukan kita mau jadi apa dengan jurusan itu, namun kita mau berikan apa lagi buat bangsa kita, kita mau create apa nih," ujarnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id