5 Alasan Pentingnya Menguasai Bahasa Asing Bagi Pelajar Hingga Pencari Kerja

    Ilham Pratama Putra - 31 Agustus 2021 14:33 WIB
    5 Alasan Pentingnya Menguasai Bahasa Asing Bagi Pelajar Hingga Pencari Kerja
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta:  Kemampuan bahasa asing menjadi keterampilan yang wajib dikuasai baik pelajar, tenaga kerja ataupun para pencari kerja. Sebab kemampuan bahasa asing memiliki banyak manfaat dan dapat menjadi 'pintu' menuju ke banyak kesempatan.

    Pertama, kemampuan bahasa asing dapat menjadi salah satu nilai tambah di mata atasan. Kedua bahasa asing mampu meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan.

     



    Selanjutnya, kemampuan bahasa asing dinilai membuka kesempatan untuk memahami budaya baru. Tak jarang kemampuan bahasa asing juga berguna untuk mengembangkan kesempatan dalam berkarier.

    Terakhir, penguasaan bahasa asing juga mampu meningkatkan kinerja memori. Bagi peraih beasiswa Chevening di Universitas Glasgow Skotlandia, Jonathan Siahaan kemampuan bahasa asing sangat penting untuk menjalin relasi di dunia kerja.

    Master bidang pendidkan inklusi yang sempat menempuh pendidikan bahasa Inggris itu mengatakan, jika kemampuan bahasa asing sangat penting. Utamanya bahasa Inggris.

    "Kalau menurut saya bahasa Inggris sangat penting di dunia kerja saat ini, sebagai bahasa penghubung utama antarnegara secara global," ujar Jonathan kepada Medcom.id, Selasa, 31 Agustus 2021.

    Baca juga:  Pernah DO dan 'Nasakom' di S1, Tapi Tembus Beasiswa Chevening S2 di Inggris

    Dia pun mengaku, jika kemampuan bahasa Inggris itu pula yang mengantarnya menembus beasiswa dari pemerintah Inggris tersebut. Bahkan biaya studi S1-nya di Indonesia hingga biaya hidup Jonathan juga berasal dari kemampuan berbahasa Inggrisnya tersebut.

    "Saya mengajar bahasa Inggris di India hasilnya lumayan. Terus juga bekerja menjadi penerjemah untuk berbagai perusahaan hingga mengajar di lembaga bimbel (bimbingan belajar) karena kemampuan itu," tuturnya.

    Baca juga:  Rampung Kuliah di Inggris, Simon Fokus Hidupkan UMKM Pertanian di Papua

    Jonathan pun mengungkapkan, kemampuan bahasa pun mesti diperluas. Ada baiknya seseorang pada masa sekarang ini tak cuma menguasai satu bahasa asing.

    "Kalau saya pribadi, mungkin bisa menjawab bahasa pilihan kedua yang penting adalah bahasa Spanyol sebagai bahasa paling banyak digunakan kedua di seluruh dunia dan ketiga mandarin," tutupnya.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id