Persiapan Melamar Kerja Tak Cukup Bermodal IPK Tinggi

    Citra Larasati - 17 September 2020 10:10 WIB
    Persiapan Melamar Kerja Tak Cukup Bermodal IPK Tinggi
    Ilustrasi/Pexels
    Jakarta:  Konsultan Karier, Aditiyo Indrasanto mengatakan, bahwa sebagai mahasiswa jangan hanya mementingkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).  Sebab dalam mencari pekerjaan kelak, tidak hanya IPK yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam merekrut tenaga kerja.

    Selain nilai akademis yang ditunjukkan melalui IPK, mahasiswa harus mencari pengalaman sebanyak-banyaknya selagi berada di bangku kuliah. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap Curriculum Vitae (CV) yang nantinya diperlukan untuk melamar suatu pekerjaan.

    "CV kita harus mencerminkan innerpersonal, interpersonal, action, dan tujuan. Mindset yang harus ditanamkan yaitu terus belajar dan jangan takut gagal," kata Aditiyo dalam acara bertema Tips Melamar Kerja yang digelar Himpunan Mahasiswa program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) atau HM Pelita Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS). 

    Kemudian faktor interpersonal, mahasiswa jangan hanya bergantung pada keberhasilan akademik semata, tetapi juga harus mampu membangun komunikasi dengan orang di dunia luar, membangun hubungan, dan kerja sama tim. "Kemudian, jangan terlalu banyak berencana yang harus sempurna dan harus berjalan sempurna juga,” paparnya.

    Aditiyo juga menjelaskan tentang esensi CV yang baik saat melamar kerja, yakni mencakup relevansi, desain, konten, dan landing page.  “CV harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

    Saat melamar bidang tertentu, misalnya, maka di CV harus ada pengalaman yang relevan. Lalu, jangan hanya mementingkan desain, tetapi juga isi dari CV tersebut juga harus dijabarkan.

    "Kemudian landing page atau hal pertama yang dilihat oleh orang harus menarik agar orang tertarik untuk melihat lebih lanjut,” tegasnya.

    Sementara itu, penulis buku yang juga menjadi narasumber Mohammad Abdul Aziz Nawawi menyampaikan bahwa hal-hal yang biasanya menjadi syarat untuk diterima kerja yaitu memiliki keterampilan dan pengalaman, kemauan yang keras, dan jujur.

    “Yang harus dimiliki oleh pemuda zaman sekarang yaitu keberanian dalam keterbatasan, keberanian keluar dari zona nyaman, dan keberanian mengambil risiko serta tanggung jawab,” jelasnya.

    Pada sesi terakhir, pendiri Liputan Kerja, Nanda Rizky Kurniawan menjelaskan tentang hal-hal yang harus disiapkan untuk menghadapi dunia kerja.  Biasanya terdapat seleksi berkas, psikotes, dan wawancara yang harus dilakukan oleh calon pelamar.

    "Seleksi berkas merupakan tahapan saat Human Resource Department (HRD) menyeleksi berkas mulai dari CV, surat lamaran, dan berkas pendukung lainnya. Sebelum melamar, pastikan melihat syarat lowongan kerja dan melengkapi berkas yang diminta,” terangnya.

    Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa terdapat poin-poin penting yang harus ada di dalam CV antara lain foto, profil, biodata, keahlian, pengalaman, pendidikan, dan prestasi.

    “Pada foto, wajah harus menghadap kamera dan tidak bergaya berlebihan. Lalu pastikan pada profil menampilkan kemampuan yang sesuai dengan posisi yang dilamar," urainya.

    Baca juga:  Kiat Sukses Menulis CV

    Sedangkan pada bagian biodata diisi kontak, e-mail, domisili, tempat tanggal lahir. Ini akan memudahkan apabila ada informasi untuk panggilan interview.

    "Pada bagian pengalaman, pastikan susunan rapi dari yang terbaru ke yang terlama dan ceritakan sedikit jobdesk saat bekerja di perusahaan atau saat mengikuti organisasi,” tutupnya.

    Lalu pada bagian pendidikan, cukup ditulis mulai jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan menyertakan jurusan serta IPK saat kuliah. Nanda menjelaskan, bahwa pada bagian prestasi dapat diisi prestasi saat bekerja bagi yang berpengalaman, kemudian bagi fresh graduate dapat menampilkan prestasi di bidang akademik maupun nonakademik.

    “Terakhir, buatlah tampilan CV kita menjadi menarik untuk memudahkan HRD dalam membaca dan menyeleksi CV,” pungkasnya. 

    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id