Beasiswa Chevening, Kuliah Gratis S2 di Inggris Tinggal 'Angkat Koper'

    Citra Larasati - 11 September 2021 15:19 WIB
    Beasiswa Chevening, Kuliah Gratis S2 di Inggris Tinggal Angkat Koper
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta:  Pendaftaran Beasiswa Chevening masih dibuka hingga 2 November 2021.  Bagi para pemburu beasiswa yang ingin mendapatkan pembiayaan kuliah S2 penuh di negara 'The Black Country' ini, baiknya menyimak informasi lengkap berikut ini.

    Beasiswa Chevening adalah program beasiswa untuk S2 dari Pemerintah Inggris (United Kingdom) yang meliputi empat negara bagian, Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia utara.  Untuk tahun ini, pendaftaran telah dibuka sejak 3 Agustus hingga 2 November 2021.

     



    "Jadi masih ada waktu sekitar dua bulan lagi bagi yang mau mendaftar," kata Network and Alumni Officer, British Embassy Jakarta, Raras Tulandaru di acara WISH Online 2021 'Beasiswa Luar Negeri dari Pemerintah Inggris dan Irlandia', Jakarta, Sabtu, 11 September 2021.

    Tak seperti di negara lain, program master atau S2 di Inggris hanya ditempuh selama satu tahun.  Beasiswa Chevening pun menawarkan pembiayaan penuh atau fully funded.  Mulai dari tuition fee (biaya kuliah), biaya hidup selama masa belajar untuk satu orang, biaya tiket pesawat pulang-pergi (PP), additional grant atau biaya yang dibutuhkan ketika penerima beasiswa tiba di Inggris, termasuk transportasi dari bandara ke lokasi tempat tinggal.

    Tidak hanya itu, disiapkan juga biaya tambahan bagi penerima beasiswa yang mengikuti kegiatan akademis di luar kota domisili.  "Misal kuliah di Irlandia, lalu harus ikut kegiatan di London, itu bisa diajukan ke sekretariat Chevening. Jadi ibaratnya penerima beasiswa tinggal angkat koper saja, karena semua sudah dibiayai," terang Raras.

    Baca juga:  Pernah DO dan 'Nasakom' di S1, Tapi Tembus Beasiswa Chevening S2 di Inggris

    Namun Raras memberikan catatan, khusus untuk penerima beasiswa Chevening yang mengambil Master of Business Administration (MBA) akan ada batas atas pembiayaan.  Karena di beberapa kampus di Inggris, biaya untuk menempuh MBA bisa mencapai lebih dari 50 ribu poundsterling. 

    "Ibaratnya biaya itu bisa untuk membiayai dua student di prodi non-MBA.  Tapi kalau untuk prodi lain biayanya tidak dibatasi, berapapun akan kami cover," ungkap Raras. 
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id