Tips Membuat Esai Kontribusi agar Lolos Beasiswa LPDP

    Ilham Pratama Putra - 04 Juni 2021 08:02 WIB
    Tips Membuat Esai Kontribusi agar Lolos Beasiswa LPDP
    Presentasi tips membuat esai kontribusi. Foto: Dok UNS.



    Jakarta: Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka program beasiswa. Salah satu persyaratannya yakni membuat esai tentang kontribusi untuk Indonesia.

    Awardee LPDP asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Febi Junaidi membagikan tipsnya ketika membuat esai tentang kontribusi tersebut. Dia menyatakan bahwa susunan esai tentang kontribusi harus dibuat sebaik mungkin dan terukur.

     



    "Kontribusi yang ditulis dalam esai harus terukur. Idenya itu harus konkret karena akan kita realisasikan pascastudi nanti. Selain itu, kontribusi yang diberikan juga harus bermanfaat untuk masyarakat sekitar kalian," jelas Febi dalam siaran pers UNS dikutip Jumat, 4 Juni 2021.

    Baca: Lima Kiat Mengajarkan Anak Menghargai Diri Sendiri

    Kemudian, Febi mrnyarankan para calon pendaftar untuk percaya diri. Calon pendaftar tidak perlu merasa minder jika merasa belum memiliki pengalaman yang dapat ditonjolkan.

    "Asalkan tujuan kuliah dan kontribusi yang diberikan sesuai target serta semua syarat terpenuhi, saya optimistis semua akan lolos seleksi administrasi," sebutnya.

    Tips ini dibagikan Febi melalui webinar Ikatan Awardee LPDP Kelurahan UNS. Ketua Ikatan Awardee LPDP UNS, Danan Tricahyono mengatakan bahwa webinar kali ini merupakan seri pertama dari Sosialisasi LPDP yang diadakan oleh Kelurahan UNS.

    Danan mengungkapkan, bulan Juli mendatang akan dilaksanakan acara serupa dengan topik berbeda serta menghadirkan pihak LPDP secara langsung. "Ini baru webinar pertama dan Insyaallah akan diselenggarakan juga webinar selanjutnya pada Juli mendatang," tutur Danan.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id