Ditemukan PTS Ilegal, Ini Cara Cek Legalitas Kampus

    Ilham Pratama Putra - 29 April 2021 16:16 WIB
    Ditemukan PTS Ilegal, Ini Cara Cek Legalitas Kampus
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.



    Jakarta: Ditemukan dugaan pemalsuan Surat Keputusan (SK) izin operasional sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Banten. Hal ini menjadi peringatan bagi masyarakat dalam memilih perguruan tinggi.

    Terlebih, jumlah PTS yang ada di Indonesia saat ini mencapai 3.021 kampus. Belum lagi yang dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag), serta kementerian dan lembaga lain.






    Ahli Biro Hukum Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), Polaris Siregar mengatakan ada beberapa cara untuk membedakan mana PTS resmi dan Ilegal. Salah satunya, mengecek langsung di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) dengan mengunjungi laman pddikti.kemdikbud.go.id. 

    "Cara membedakan, publik bisa mengakses PD Dikti, jadi dalam portal itu tertera semua perguruan tinggi dan prodi yang dipastikan legal," kata Polaris dalam konferensi pers daring, Kamis, 29 April 2021.

    Baca: PTS Ilegal di Banten Bernama Universitas Painan

    Laman itu, kata dia, dapat membantu masyarakat. Ia berharap publik lebih aware untuk mencari tahu perguruan tinggi mana saja yang memiliki izin operasional dan tidak.

    "Termasuk PTS dan perguruan tinggi yang diselenggarakan kementerian atau lembaga di luar Kemendikbud dan juga di bawah Kemenag. Kami anjurkan masyarakat mau dan bersedia mengaksesnya," terangnya.

    Diketahui, Kemendikbud mendapati PTS diduga memiliki lima Surat Keputusan (SK) Menteri palsu terkait izin operasional. PTS ini bernama Universitas Painan, beralamat di Tangerang, Banten.

    Beruntung PTS tersebut belum melakukan perekrutan mahasiswa. Artinya belum ada mahasiswa yang terdaftar di PTS ilegal tersebut.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id