comscore

Skor IELTS di Bawah 6,5? Artinya, 5 Beasiswa Ini Buat Kamu Banget

Citra Larasati - 20 Januari 2022 13:34 WIB
Skor IELTS di Bawah 6,5? Artinya, 5 Beasiswa Ini Buat Kamu Banget
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Skor IELTS (The International English Language Testing System) sering kali menjadi salah satu persyaratan yang mutlak dipenuhi pelamar beasiswa.  Skor yang distandarkan pun kadang bisa bikin pelamarnya pusing tujuh keliling, karena penyedia beasiswa mematok standar tinggi, yakni minimum 6,5.

Namun jangan khawatir, ternyata tidak semua beasiswa menysaratkan skor 6,5 untuk IELTS.  Mengutip artikel di laman Schoters, ada beberapa rekomendasi beasiswa di luar negeri yang bisa kamu raih dengan persyaratan IELTS yang relatif lebih lunak. 

Berikut 5 rekomendasi beasiswa dengan syarat skor IELTS di bawah 6,5:

1. DAAD EPOS Scholarship

DAAD-EPOS adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S-2 dan S-3 di Jerman. Beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa yang paling diminati oleh pelajar Indonesia.
Salah satu faktornya adalah karena fasilitas dan cakupan beasiswa yang memadai serta menunjang proses pembelajaran di kampus. DAAD EPOS terbuka untuk berbagai universitas dan program studi jenjang S-2 dan S-3. 

Baca juga:  15 Pertanyaan yang Sering Muncul Dalam Wawancara Beasiswa

Namun jangan khawatir, untuk dapat mendaftar beasiswa DAAD EPOS Sobat Medcom boleh mengumpulkan sertifikat resmi IELTS dengan skor minimal 6.0. Tetapi perlu diingat dan jangan lupa untuk cek persyaratan dokumen lainnya yang perlu dilampirkan ya.  Sebab boleh jadi setiap perguruan tinggi dan program studi memiliki persyaratan dokumen berbeda yang harus dikumpulkan.

2. VLIR-UOS Scholarship

Beasiswa ini ditujukan untuk jenjang S-2 di negara Belgia. Beasiswa fully funded ini dapat kamu jadikan pilihan jika Sobat Medcom sudah memiliki total Skor IELTS minimal 6.0 dengan skor di setiap tes minimal 5.5.

Pilihan program studi yang beragam juga dapat kamu sesuaikan dengan minat dan latar belakang pendidikan. Selain itu, universitas di Belgia yang memberikan tawaran VLIR-UOS pun juga tidak sedikit. Pendaftaran VLIR-UOS sudah dibuka sejak 8 November 2021. 

3. MEXT Scholarship

MEXT adalah beasiswa yang diperuntukkan untuk jenjang S-1. Pemerintah Jepang menyediakan fasilitas terbaik kepada penerima beasiswa MEXT. 

Cakupan beasiswa yang akan diterima bagi para penerima beasiswa ini mulai dari biaya kuliah, biaya hidup hingga tiket pesawat. MEXT Scholarship sudah sangat umum di telinga pelajar Indonesia yang mengincar negara Jepang sebagai pilihan negara untuk studi lanjutan dari bangku sekolah menengah atas.

MEXT Scholarship memberikan persyaratan dokumen kepada pendaftar beasiswa, yaitu memiliki sertifikat IELTS. Uniknya, hal tersebut tidak dijadikan kewajiban. Pendaftar beasiswa dapat melampirkan dengan skor 5.5.

4. Invest Your Talent in Italy

Invest Your Talent in Italy merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Italia dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa Internasional agar dapat kuliah di Italia jenjang S-2. Dengan cakupan beasiswa yang cukup memadai, IYT menjadi salah satu beasiswa yang diminati.

Total universitas yang ikut serta dalam beasiswa ini adalah sebanyak 25 Universitas. Program studi yang di tawarkan pun cukup bervariasi mulai dari architecture, design, engineering advanced technology, management, dan economics. Skor minimal IELTS yang diperlukan untuk mendaftar IYT perlu setara dengan B2, yaitu 6.0.

5. Grips Scholarship 

Kembali ke Negeri Sakura, GRIPS merupakan salah satu beasiswa fully funded yang diselenggaran oleh The National Graduate Institute of Public Policy Jepang. Beasiswa ini sangat cocok untuk Sobat Medcom yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang sosial, politik, ekonomi, dan manajemen.

Program yang ditawarkan oleh GRIPS Scholarship adalah jenjang S-2 dan P.hD. Dengan skor IELTS minimal 6.0, kamu sudah bisa daftar di beasiswa ini.

Demikian lima rekomendasi beasiswa yang mensyaratkan IELTS di bawah 6,5.  Meski lebih lunak, namun bukan berarti kamu tidak mempersiapkan diri secara maksimal ya dan antau terus berita seputar pendidikan dan beasiswa dalam dan luar negeri di laman Pendidikan Medcom.id ya biar lebih siap dalam menentukan keputusan studimu.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id