comscore

H-3 Jelang UTBK 2022, Agar Tak Bingung Persiapkan 4 Hal Ini

Citra Larasati - 14 Mei 2022 12:13 WIB
H-3 Jelang UTBK 2022, Agar Tak Bingung Persiapkan 4 Hal Ini
Ilustrasi: MI/Adi Kristiadi
Jakarta:  Bagi sebagian peserta, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 menjadi tes seleksi yang pertama kali ia ikuti. Hal yang wajar bila calon mahasiswa tersebut merasa gugup hingga kesulitan untuk menentukan hal apa saja yang harus disiapkan mendekati hari pelaksanaan tes.

Untuk itu, yuk kita simak bersama beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum hari pelaksanaan UTBK 2022!  Terlebih lagi pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 akan digelar tiga hari lagi.
Pelaksanaan UTBK 2022 akan dibagi ke dalam dua gelombang.  Untuk gelombang I akan digelar mulai 17-23 Mei 2022, sedangkan UTBK gelombang II mulai 28 Mei-3 Juni 2022.

Informasi lengkap seputar PMB PTN 2022 dapat diakses langsung melalui laman Itmpt.ac.id dan media sosial @ltmptofficial.

Berikut tips yang harus dipersiapkan jelang pelaksanaan UTBK 2022:

  1. Menjaga kesehatan dan disarankan stay at home
  2. Wajib mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman PTN yaitu Pusat UTBK Pilihan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa Pusat UTBK yang tidak memperkenankan peserta untuk melakukan cek lokasi secara langsung.
  3. Jika melihat lokasi gedung yang akan digunakan secara langsung pada H-1, tetap patuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak.
  4. Buat perkiraan waktu tempuh dari rumah, penginapan atau lokasi asal ke lokasi ujian.
Selain itu, Dikutip dari Instagram @pahamify, setidaknya ada delapan barang bawaan wajib untuk UTBK-SBMPTN, baik berupa berkas maupun alat protokol kesehatan.

Berikut 8 Barang esensial yang harus dibawa saat UTBK:

  1. Kartu peserta UTBK-SBMPTN 2022. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya buat salinan dari kartu tersebut dan dilaminating agar tak rusak.
  2. Kedua, identitas diri. Bawalah identitas diri seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar untuk menunjukkan bahwa Sobat Medcom benar-benar peserta UTBK.
  3. Surat keterangan lulus (SKL). Untuk lulusan 2022, bisa membawa SKL sebagai pengganti ijazah. Sedangkan lulusan 2020 dan 2021, siapkan salinan ijazah yang sudah dilegalisir.
  4. Meski ujian dilaksanakan menggunakan komputer, Sobat Medcom juga perlu membawa alat tulis.
  5. Sejumlah pusat UTBK bahkan mewajibkan peserta membawa alat tulis, seperti pensil, pulpen, dan penghapus untuk coret-coret hitungan.
  6. Karena pelaksanaan ujian masih dibayang-bayangi pandemi covid-19, peserta diwajibkan memakai masker selama berada di pusat UTBK. Untuk itu, jangan lupa membawa masker medis, bukan berbahan kain.
  7. Sejumlah pusat UTBK juga ada yang mensyaratkan tes covid-19 sebelum ujian. Jika tempat ujian Sobat Medcom mengharuskan hal tersebut, siapkan hasil tes covid-19 yang dinyatakan negatif.
  8. Bawa hand sanitizer. Sebagai bagian dari protokol kesehatan, usahakan membawa hand sanitizer sendiri dan hindari meminta milik peserta lain. 
Baca juga: Jelang UTBK-SBMPTN, Ini Barang yang Wajib Dibawa

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id