comscore

Kenali, Ragam Jenis Beasiswa Kuliah

Arga sumantri - 29 Januari 2022 08:03 WIB
Kenali, Ragam Jenis Beasiswa Kuliah
Ilustrasi. Medcom.id

Jenis Beasiswa Berdasarkan Cakupan Pembayaran

Beasiswa berdasarkan cakupan pembayaran terbagi atas 2 jenis, yaitu:

1. Beasiswa penuh (full scholarship)
Beasiswa penuh merupakan jenis beasiswa yang tidak hanya memberikan biaya pendidikan seperti Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau uang kuliah saja. Beasiswa ini juga menyediakan dana pendukung lainnya untuk memenuhi kebutuhan penerimanya. Mulai dari biaya hidup, asuransi, biaya perjalanan, akomodasi, serta sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran.

Bahkan, ada juga beasiswa penuh yang bersedia menyediakan dana untuk biaya hidup keluarga penerima beasiswa yang berasal dari golongan keluarga tidak mampu. Beberapa contoh beasiswa penuh adalah Australian Development Scholarship, Chevening, dan Ford Foundation.

2. Beasiswa sebagian (partial scholarship)

Berbeda dengan beasiswa penuh yang menanggung seluruh biaya kehidupan penerima beasiswa, partial scholarship atau beasiswa sebagian hanya menanggung biaya tertentu saja atau memberikan dana sebagian dari total biaya yang dibutuhkan selama kamu menjalani masa studi di perguruan tinggi.

Pihak pemberi beasiswa atau disebut dengan sponsor, nantinya akan memberikan dana untuk menutupi biaya studi prioritas yang tidak bisa kamu tanggung. Umumnya, beasiswa yang diberikan dapat berupa biaya kuliah atau akomodasi saja. Selain itu, ada pula yang memberikan beasiswa dalam bentuk summer school, short course, atau pelatihan.

(AGA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id