comscore

Kenali, Ragam Jenis Beasiswa Kuliah

Arga sumantri - 29 Januari 2022 08:03 WIB
Kenali, Ragam Jenis Beasiswa Kuliah
Ilustrasi. Medcom.id

3. Beasiswa Nonakademik

Beasiswa tidak hanya diberikan untuk mahasiswa yang berprestasi dari segi akademik saja. Mahasiswa yang berprestasi di bidang nonakademik juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa.
Apalagi, saat ini semakin banyak lembaga maupun perguruan tinggi yang menyediakan berbagai macam bantuan pendidikan bagi kamu yang memiliki prestasi terbaik di luar bidang akademik, misalnya beasiswa olahraga.

4. Beasiswa Penelitian

Beasiswa penelitian merupakan beasiswa yang menawarkan pendanaan kepada penerima yang akan melakukan riset atau penelitian terkait dengan bidang studi yang tengah ditempuh. Sumber beasiswa penelitian bisa dari perusahaan, universitas, maupun lembaga pemerintahan yang mempunyai proyek penelitian serta membutuhkan tenaga akademis. 

Periode dan jumlah dana yang ditawarkan untuk beasiswa ini tergantung dari seberapa banyak biaya yang dibutuhkan serta lamanya waktu yang dibutuhkan peneliti untuk melakukan penelitian tersebut.

5. Beasiswa Ikatan Dinas

Beasiswa ikatan dinas adalah beasiswa yang mensyaratkan penerima beasiswa untuk mengikat diri melalui ikatan dinas dengan pihak sponsor sebagai pemberi beasiswa. Tujuannya adalah untuk menjalin hubungan timbal balik yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Bagi penerima beasiswa ikatan dinas, biasanya mereka akan diwajibkan untuk bekerja di perusahaan atau instansi sponsor dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Baca: LPDP Kembali Buka Beasiswa Indonesia Maju di 2022

Jenis Beasiswa Berdasarkan Pihak Penyedia

1. Beasiswa perguruan tinggi

Pihak perguruan tinggi juga banyak yang menyediakan program beasiswa untuk memberikan bantuan biaya akademik bagi mahasiswa dan calon mahasiswa. Selain ditujukan untuk mahasiswanya sendiri saja, ada juga beasiswa perguruan tinggi yang menawarkan beasiswa bagi mahasiswa luar perguruan tinggi maupun luar negeri. 

Bentuk beasiswa yang diberikan pun beragam, mulai dari beasiswa di bidang studi, beasiswa olahraga, serta beasiswa untuk program pertukaran pelajar.
 

Halaman Selanjutnya
2. Beasiswa Pihak Swasta …






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id