Pakar IPB Bagikan Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

    Arga sumantri - 06 Januari 2021 12:18 WIB
    Pakar IPB Bagikan Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi
    Ketua Tim Bimbingan dan Konseling IPB University Melly Latifah. Dok IPB.
    Bogor: Ketua Tim Bimbingan dan Konseling IPB University Melly Latifah berbagi cara menjaga kesehatan mental selama pandemi covid-19. Kesehatan mental penting diperhatikan karena berhubungan dengan tingkat produktivitas individu.

    Melly menerangkan, sehat mental menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) merupakan kondisi ketika seseorang dapat mengenali kemampuannya, menghadapi tekanan kehidupan, dna bekerja secara produktif. Selain itu, individu yang sehat mental juga bermanfaat serta berkontribusi kepada masyarakat.

    Sedangkan, menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014, kesehatan jiwa ditandai dengan individu yang dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual dan sosial. 

    "Sehingga, menyadari kemampuannya, dapat mengatasi tekanan, produktif, serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya," papar Melly melalui keterangan tertulis, Rabu, 6 Januari 2021.

    Baca: Tips Menjaga Kesehatan Mental Sebagai Penyintas Covid-19

    Ia mengatakan, kesehatan mental sangat berhubungan dengan tingkat produktivitas individu, makanya sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih, di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Ketidakpastian terkait kapan pandemi ini akan berakhir menyebabkan masyarakat mendapatkan berbagai macam tekanan.

    Menurut dia, hal yang paling umum dirasakan masyarakat adalah perasaan takut dan cemas akan kesehatan dan keselamatan diri, serta orang-orang terdekat. "Kesulitan beradaptasi dengan ritme aktivitas termasuk pembelajaran yang baru (daring) hingga rasa bosan karena mobilitas fisik yang terbatas," ujarnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id