Hobi Gambar, Pilihan Tak Cuma Prodi Seni Rupa

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 10 Januari 2020 14:24 WIB
    Hobi Gambar, Pilihan Tak Cuma Prodi Seni Rupa
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
    Jakarta:  Calon mahasiswa kerap mengalami kebingungan memilih program studi saat memasuki masa-masa pendaftaran mahasiswa baru perguruan tinggi.   Banyak hal yang jadi pertimbangan, terutama keselarasan antara program studi pilihan dengan minat dan hobi yang dimiliki.

    Keselarasan antara hobi dan prodi pilihan memang sangat penting, tidak hanya agar sesuai dengan cita-cita yang dimiliki.  Namun juga agar calon mahasiswa dapat menikmati proses perkuliahan, karena bidang yang dipelajari sesuai dengan minatnya. 

    Hobi menggambar misalnya.  Pilihan prodi bagi pemilik hobi menggambar ternyata tidak hanya sebatas prodi seni rupa loh. Setidaknya ada sejumlah prodi lain yang bisa dipilih bagi para jago gambar.

    Untuk itu, berikut rangkuman beberapa pilihan prodi untuk sobat Medcom.id yang hobi menggambar dikutip dari akun Instagram @ditjen_belmawa.

    Seni Rupa Murni

    Prodi ini sangat pas bagi kamu yang ingin berkreasi dan bereksperimen.  Orisinalitas dijunjung tinggi di prodi yang satu ini. Karenanya, prodi Seni Rupa Murni bakal mampu mendorong mahasiswa menemukan dan mengembangkan style ataupun ciri khasnya sendiri. 

    Adapun mata kuliah yang dipelajari mulai dari rupa dua dimensi, rupa tiga dimensi, gambar bentuk anatomi hingga manajemen seni rupa.

    Prodi Arsitektur

    Program studi ini juga cocok bagi milenial yang suka seni dan perhitungan.  Karena di salah satu prodi yang populer ini ide, konsep, dan desain dituangkan di atas kertas.  Mahasiswa arsitektur nantinya akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. 

    Menjadi wajib dipelajari untuk mendalami prodi ini yaitu mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). 

    Desain Komunikasi Visual

    Prodi yang cukup beken di Ilmu Komunikasi ini juga pas bagi yang ingin menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk visual. Prodi ini merupakan perpaduan seni desain tradisional dan digital. 

    Cabang Ilmu Komunikasi ini mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan.

    Desain Produk (Despro)

    Prodi yang satu ini cocok bagi yang tidak hanya sekadar menggambar berdasarkan estetika. Tapi juga memperhitungkan aspek kebermanfaatan sebagai produk yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat dan dipasarkan.

    Di prodi Despro akan mempelajari perencanaan dan perancangan produk.  Ilmu yang dipelajari bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang mengutamakan kenyamanan inderawi, fisik, dan nilai produk.

    Beberapa pelajaran pentingnya antara lain seni rupa baik dua atau tiga dimensi, rekayasa produk, ergonomi dan gaya hidup konsumen, serta proses desain. 

    Perancang busana

    Prodi ini selain menuntut kemampuan menggambar juga mengetahui tren kekinian di dunia fesyen.  Pada program studi ini juga akan dipelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, dan menjahit. 

    Selain itu, prodi ini pastinya juga akan mempelajari seluk beluk produksi busana atau mode. Bahkan bukan tidak mungkin bakal mempelajari tentang analisa tren, bagaimana pemasaran dan manajemen bisnis fashion.

    Game Animasi

    Prodi ini cocok untuk kamu yang suka bermain games. Karena, bisa membuat karakter-karakter sendiri yang selama ini hanya bisa dinikmati dengan bermain game.

    Beberapa yang dipelajari adalah bagaimana merancang model karakter yang ada pada game, membuat animasi dan storyboard, lalu merancang user interface.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id