comscore

10 Jurusan Langka Hanya Ada Satu di Indonesia, Tertarik?

Citra Larasati - 04 Juni 2022 16:00 WIB
10 Jurusan Langka Hanya Ada Satu di Indonesia, Tertarik?
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Memilih jurusan kuliah memang bukan perkara mudah. Perlu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang, mulai dari minat, bakat, prospek karier, hingga peluang masuknya. 

Tapi, terkadang kamu bosan enggak sih, dengan jurusan kuliah yang itu-itu saja? Tenang saja! Ternyata ada, lho, jurusan unik dan anti mainstream yang hanya ada satu di Indonesia. Apa saja, ya, kira-kira? Simak ulasan berikut ini yang dilansir dari artikel Zenius ini, ya! 

10 Jurusan  Langka yang Hanya Ada Satu di Indonesia

1. Jurusan Sastra Belanda UI

Belajar bahasa dan sastra asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Korea, dan Bahasa Prancis memang menyenangkan, ya. Tapi, tahu nggak, sih, ternyata ada, lho, jurusan sastra asing yang hanya ada satu di Indonesia. Yep, jurusan itu adalah Jurusan Sastra Belanda Universitas Indonesia (UI). 
Jurusan Sastra Belanda Universitas Indonesia merupakan jurusan di bawah naungan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Di jurusan ini, kamu akan mempelajari karya-karya sastra dan struktur kebahasaan Bahasa Belanda. Seru banget, ya! 

2. Jurusan Teknik Nuklir UGM

Jurusan yang hanya ada satu di Indonesia selanjutnya adalah Jurusan Teknik Nuklir Universitas Gadjah Mada (UGM). Jurusan atau Departemen Teknik Nuklir Universitas Gadjah Mada merupakan jurusan di bawah Fakultas Teknik UGM. 

Jurusan satu ini berdiri pada 1978 dan saat ini memiliki tiga bidang peminatan, yaitu Bidang Aplikasi Teknologi Nuklir Dalam Pembangkitan Daya, Bidang Aplikasi Radiasi dan Radioisotop di Industri, dan Bidang Aplikasi yang Mendukung Radiologi Klinik (Radiodiagnostik dan Radioterapi).

Kalau berbicara tentang nuklir, mungkin kamu jadi teringat nuklir sebagai bahan dasar bom. Tapi, ternyata nuklir memiliki banyak manfaat positif lainnya, lho, salah satunya bisa menjadi bahan pembangkit listrik dan energi terbarukan lainnya. Gimana? Tertarik mempelajarinya?

3. Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB

Tertarik untuk ikut berkontribusi dalam perkembangan ekonomi masyarakat dalam hal pertanian dan agrikultur? Jika iya, Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB University) bisa jadi pilihanmu. 

Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB merupakan jurusan di bawah Fakultas Ekologi Manusia IPB yang berfokus pada pengembangan masyarakat di bidang pertanian. Nantinya, di jurusan ini kamu akan dibekali dengan ilmu komunikasi masyarakat dan juga manajemen pengembangan masyarakat dari segi ekonomi, sosial, dan budaya. 

4. Jurusan Astronomi ITB

Siapa, nih, yang pas kecil bercita-cita menjadi seorang astronot dan tertarik dengan benda-benda antariksa? Sekarang kamu sudah bisa, lho, mempelajari ilmu-ilmu bidang antariksa di Jurusan Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Jurusan Astronomi Institut Teknologi Bandung berdiri pada 1951 dan menjadi Jurusan Astronomi satu-satunya, lho, di Asia Tenggara. Keren banget, ya! Kerennya lagi, jurusan ini pun juga telah mengantongi akreditasi internasional ASIIN. Makanya, kualitas pendidikannya enggak perlu diragukan lagi, deh. 

5.  Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence kini sudah semakin akrab dengan masyarakat. Bahkan, kini kamu sudah bisa mengontrol ponselmu hanya dengan suara saja, lho. Tertarik mempelajarinya? Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga bisa jadi pilihan, nih. 

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga merupakan satu-satunya jurusan yang fokus mempelajari kecerdasan buatan di Indonesia, lho. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan jurusan ini di antaranya Pembelajaran Mesin, Mobile Robotika, dan Sistem Kontrol. 

6. Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB

“Hah? Belajar ilmu tentang keluarga? Emangnya ada, ya?” Eits, asal kamu tahu saja, ya, ternyata ada, lho, jurusan di universitas yang secara khusus mempelajari tentang ilmu keluarga. Yap, jurusan tersebut adalah Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Baca juga: Merasa Salah Jurusan Kuliah? Atasi dengan 6 Hal Ini

Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB menjadi satu-satunya jurusan di Indonesia yang mempelajari ilmu kekeluargaan dan perekonomian dalam keluarga. Menarik, ya! Jurusan ini berdiri pada 10 Januari 2005. Walaupun terbilang baru, jurusan ini sudah mengantongi akreditasi A, lho, dari BAN-PT. 

7. Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan Itera

Nggak cuma belajar di Jurusan Astronomi saja, kamu juga bisa belajar interaksi antariksa dengan bumi di Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan yang hanya ada satu, lho, di Indonesia, yaitu di Institut Teknologi Sumatera (Itera). 

Berbeda dengan jurusan astronomi yang lebih terfokus pada benda-benda antariksa, jurusan satu ini mempelajari antariksa secara lebih luas, seperti interaksi atmosfer di antariksa terhadap iklim dan cuaca bumi dan juga interaksi planet-planet dalam sistem tata surya. Unik, ya!

8. Jurusan Manajemen Industri Katering UPI

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi, dong, dengan jasa katering. Saat ada acara atau membutuhkan layanan antar makanan rutin, kita umumnya akan memesan jasa katering untuk menyediakan makanan. Makanya, keuntungan usaha ini pun cukup menggiurkan. 

Nah, buat kamu yang tertarik terjun dalam industri jasa tersebut bisa banget menjadikan Jurusan Manajemen Industri Katering Universitas Pendidikan Indonesia sebagai pilihan studi. Di jurusan ini, kamu akan dibekali dengan ilmu manajerial usaha katering, mulai dari seluk beluk bahan baku, pemasaran, sampai finansialnya. Tertarik? 

9. Jurusan Teknik Transportasi Laut ITS

Kalau kita perhatikan, hampir sebagian wilayah indonesia dibatasi oleh laut atau perairan, ya. Oleh karena itu, transportasi laut pun menjadi salah satu pilihan transportasi yang banyak digunakan. 

Tapi, tahukah kamu, saat ini hanya ada satu jurusan, lho, yang secara khusus mempelajari transportasi laut, yaitu Jurusan Teknik Transportasi Laut Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Jurusan ini membuka 3 bidang konsentrasi, yaitu Industri Pelayaran, Industri Kepelabuhanan, dan Freight Forwarder.

10. Jurusan Rekayasa Nanoteknologi Unair

Sudah pernah nonton film Big Hero 6? Tahukah kamu, ternyata microbot, teknologi ciptaan Hiro yang berukuran kecil dan bisa menjadi apa saja, merupakan salah satu bentuk rekayasa nanoteknologi, lho. 

Wah, tertarik mempelajarinya? Tenang, kamu bisa banget mempelajari nanoteknologi di Jurusan Rekayasa Nanoteknologi Universitas Airlangga. Jurusan ini merupakan satu-satunya jurusan di Indonesia yang mempelajari rekayasa nanoteknologi, mulai dari prinsip dasarnya, karakteristik zatnya, hingga pengaplikasiannya dalam bidang industri. Seru banget, ya! 

Baca juga:  Ini 30 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS

Itu dia Sobat Medcom, 10 jurusan yang hanya ada satu di Indonesia. Ternyata selain unik, jurusan-jurusan tersebut juga memberikan berbagai pengajaran yang menarik, ya! 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id