Guru Dituntut Punya Kemampuan Membaca Talenta Siswa

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 26 Juni 2020 09:53 WIB
    Guru Dituntut Punya Kemampuan Membaca Talenta Siswa
    Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
    Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Pupresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Asep Sukmayadi menyebut konsep Merdeka Belajar sangat memungkinkan untuk mengembangkan talenta anak di sekolah. Terlebih, didukung juga dengan program 'guru penggerak'

    Asep mengatakan guru nantinya harus mempunyai teknik pendekatan metakognisi. Dengan teknik ini, guru harus memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bisa secara mandiri mengetahui potensinya.

    "Sedang direncanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, jadi pengembangan Guru Penggerak itu guru perlu memiliki kemampuan itu," kata Asep dalam Diskusi Daring bertajuk 'Manajemen Talenta Nasional Menuju Indonesia Emas 2045', Kamis, 25 Juni 2020.

    Menurut dia, apabila anak bisa mengetahui potensinya, maka ia akan lebih fokus mengembangkan diri. Tinggal selanjutnya bagaimana sekolah, orang tua, juga Pusprenas memfasilitasi.

    "Kami berikan fasilitasnya berkembang untuk melejit," ungkapnya.

    Baca: Kehadiran Puspresnas untuk Optimalkan Potensi Anak Indonesia

    Asep mengatakan, sekolah sebetulnya sudah bisa mulai memetakan potensi anak saat awal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Kemudian, tinggal memfasilitasi melalui kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.

    "Setiap sekolah kan ada 15 sampai 20 ekstrkulikuler,  tinggal bagaimana dikelola dengan baik, sehingga menjadi bagian dari upaya tracing, identifikasi potensi anak," terangnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id