Dosen UPI Kenalkan SAMR, Model Mengajar Kampus Merdeka

    Ilham Pratama Putra - 11 Desember 2020 19:01 WIB
    Dosen UPI Kenalkan SAMR, Model Mengajar Kampus Merdeka
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Peneliti dari Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Lilis Widaningsih memberikan kiat model mengajar Kampus Merdeka. Lilis menyebutnya dengan model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification, dan Redefinition).

    Menurut Lilis, model ini sesuai dengan konsep Kampus Merdeka. Program pengajaran pendidikan tinggi yang ditelurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim disebut sangat mengacu pada pendidikan revolusi industri 4.0.

     



    "Model SAMR ini dapat mendorong para pendidik untuk mengaplikasikan kekuatan teknologi dalam mendukung pembelajaran Vokasi," kata Lilis dalam webinar Hasil Studi Pusat Riset Pendidikan Vokasi UPI, Jum'at 11 Desember 2020.

    Lilis menyebut, makna dari substitution ialah mengganti mode pembelajaran tradisional menjadi serba digital. Sedangkan, Augmentation ialah melibatkan penggabungan media digital yang interaktif.

    "Kemudian, dengan modification, artinya guru harus berfikir untuk merubah kelas menjadi learning system seperti google classroom dan lainnya. Lalu terakhir redefinittion yaitu mempersiapkan konsep pembelajaran," terang Lilis.

    Baca: BSU Guru Madrasah Non PNS Cair, Begini Mekanisme Pencairannya

    Lilis mengatakan pergeseran itu merupakan bentuk dari lahirnya definisi baru pembelajaran. Dia juga menyebutkan bahwa pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics, Vocational (STEAMV) dianggap sebagai pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran vokasi masa depan.

    "Ini karena pendekatan STEAMV dapat mendukung pembelajaran vokasi secara terpadu dan memperkuat 4 komponen kritis yaitu Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration," tutup dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id