Orang Tua Perlu Rajin Cari Tahu Teknik Mengajar Anak

    Ilham Pratama Putra - 17 September 2020 14:37 WIB
    Orang Tua Perlu Rajin Cari Tahu Teknik Mengajar Anak
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Psikolog Assosiate Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), Rosana Dewi Yunita meminta orang tua untuk berdiskusi dengan guru. Orang tua harus mencuri ilmu dari guru untuk teknik mengajar anak saat mengajar di rumah.

    "Setelah dapat memahami, berusaha mencari teknik yang tepat bisa dengan membaca berbagai sumber tentang perkembangan anak ataupun berdiskusi dengan guru," kata Rosana kepada Medcom.id, Kamis, 17 September 2020.

    Hal ini perlu dilakukan guna menghindarkan orang tua dari tindak kekerasan kepada anak saat belajar di rumah. Terlebih, ada kasus pembunuhan oleh orang tua kepada anak di Lebak, Banten, beberapa waktu lalu.

    Dia menyebut, orang tua yang tega melakukan kekerasan itu belum memiliki kemampuan manajemen diri, termasuk pengaturan waktu. Orang tua harus bisa menentukan prioritas dan kemampuan mengelola emosi.

    "Tentu bukan hal yang mudah. Namun ketika orang tua belum memiliki bekal tersebut, ia pun cenderung tidak sabar dan memiliki tuntutan berlebihan pada anak," sambung Psikolog dari lembaga Psikologi Schema itu.

    Baca: Sekolah Harus Kreatif Menumbuhkan Literasi Saat Pandemi

    Selain kemampuan orang tua dalam manajemen diri, orang tua juga perlu kemampuan dalam mengenali anak-anak. Baik dari segi minat, maupun gaya belajar.

    "Di sinilah kerja sama dan diskusi orang tua, sekolah dan guru diperlukan. Agar orang tua juga beradaptasi. Dalam menghadapi situasi ini (orang tua) butuh bimbingan untuk dapat melakukan manajemen diri atau kemampuan regulasi diri yaitu kemampuan untuk mengatur diri mereka," terangnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id