comscore

Data Analytics Hingga SEO, Ini 5 Digital Skills Paling Dibutuhkan

Medcom - 28 Mei 2022 08:08 WIB
<i>Data Analytics</i> Hingga SEO, Ini 5 <i>Digital Skills</i> Paling Dibutuhkan
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Digital skills merupakan kemampuan memahami, menggunakan, dan memanfaatkan teknologi perangkat digital dalam mengakses dan mengelola informasi.  Maraknya perusahaan yang bertransformasi ke ranah digital membuat kemampuan ini menjadi salah satu kualifikasi yang paling dibutuhkan.

Terbukti, sejumlah perusahaan mulai membuka banyak posisi pekerjaan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Seperti data analyst and scientist, big data specialist, digital marketing specialist, serta digital transformation specialist.
Sobat Medcom yang berminat menekuni salah satu profesi di atas, mesti menguasai beberapa keahlian terlebih dahulu. Dikutip dari laman Quipper, berikut lima digital skills yang paling di butuhkan di dunia kerja saat ini.

1. Data Analytics

Data analytics adalah kemampuan melakukan pemeriksaan dan pengolahan data dari berbagai sumber guna menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. Pemanfaatannya bukan hanya pada sektor industri, tetapi juga digunakan dalam membantu pengembangan bisnis.

2. Internet of Things (IoT)

Konsep IoT memungkinkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan berbagai peralatan yang dapat dikendalikan dengan mudah.  Kunci utama terealisasinya internet of things adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization (SEO) merupakan salah satu skills penting dalam digital marketing. Dalam sebuah perusahaan, seorang ahli SEO umumnya bertugas memastikan performa situs dari produk digital memiliki peringkat yang baik pada mesin pencari.

Dalam melakukan tugas tersebut, seorang SEO specialist perlu mempersiapkan strategi yang tepat. Mulai dari meneliti kompetitor, meneliti berbagai kata kunci yang bisa dioptimasi, menulis konten artikel, dan masih banyak lagi.

4. Web Development

Web development merupakan kemampuan membangun, memelihara, dan mengembangkan suatu website. Orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut disebut web developer.

Banyak perusahaan mempekerjakan web developer untuk melakukan ekspansi bisnis ke ranah digital. Dengan bantuan web developer, perusahaan dapat membuat dan mengembangkan produk digital yang dimiliki.

5. Project Management

Project management merupakan kemampuan memimpin dan mengorganisir tim dalam mengelola suatu proyek agar dapat mencapai target sesuai durasi yang disediakan.

Baca juga:  Mengenal 3 Struktur Motivation Letter yang Baik dan Tepat

Kemampuan ini tidak hanya berupa skill teknis, tetapi juga perlu memahami prosedur penyelesaian suatu project dan mampu berpikir solutif untuk memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi tim.

Itulah lima digital skills yang paling dibutuhkan di industri saat ini. Jika Sobat Medcom ingin mengasah salah satu kemampuan tersebut, bisa dengan mengikuti forum diskusi atau training singkat dari para ahli. (Nurisma Rahmatika)

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id