comscore

Tips Terhindar dari Jurnal Predator ala Guru Besar Unnes

Citra Larasati - 07 Juni 2022 10:59 WIB
Tips Terhindar dari Jurnal Predator ala Guru Besar Unnes
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Dosen maupun mahasiswa dituntut untuk mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional. Selain menjadi salah satu syarat kelulusan juga sebagai bagian dari syarat kepangkatan.

Namun perlu berhati-hari, sebab saat ini banyak jurnal predator bermunculan. Karena itu, pemilihan jurnal publikasi tidak bisa sembarang.  Jurnal predator adalah jurnal yang tidak melakukan proses reviu maupun proses penyuntingan dengan baik dan benar.
Seringkali jurnal ini langsung memangsa para penulis dengan cara membebankan biaya publikasi dengan janji manuskrip akan diterbitkan dengan segera.  Ketua Satuan Artificial Intelligence dan Publikasi Ilmiah, Elly Matul Imah dalam sambutannya memaparkan bahwa workshop tersebut untuk sesi paralel dikemas dalam bentuk coaching clinic untuk membantu dosen selingkung Unesa dalam publikasi jurnal ilmiah.

“Jadi, mohon gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menggali informasi sebanyak mungkin,” ujarnya dalam Coaching Clinics 2022: Memilih Jurnal Internasional Bereputasi, dilansir dari laman Unesa, Selasa, 7 Juni 2022.

Guru besar Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sutikno menyampaikan, bahwa dalam menulis karya ilmiah harus memilih jurnal internasional yang baik dengan mengikuti kriterianya sesuai dengan PO PAK 2019. Pemeriksaan jurnal internasional sangat penting dalam pertimbangan submit manuskrip, salah satunya selain ISSN dan mutu peer review, keterbukaan dan kewajaran pembiayaan publikasi dari jurnal terkait.

“Kalau di dalam pengelolaan jurnal itu tidak ada keterbukaan dan kewajaran pembiayaan publikasi bisa jadi itu jurnal predator yang tidak ada proses peninjauan ilmiah. Jurnal yang baik mestinya ada pilihan secara hybrid yaitu open access dan copyright transfer,” terangnya.

Guru Besar sekaligus tim Penilaian Jabatan Akademik Dosen Kemendikbudristek itu memberikan tips agar terhindar dari jurnal predator.  Di antaranya dengan meningkatkan kesadaran tentang jurnal predator, mengetahui bahwa penerbitan artikel harus memenuhi standar teknis, menerima dan menerapkan standar etika internasional dalam penerbitan artikel, dan menerbitkan tanggal penerimaan artikel.

Baca juga:  Pendaftaran Ditutup Besok, Cek Ketentuan Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah 2022

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id