comscore

Jobseeker Wajib Tahu, Ini 6 Kesalahan Wawancara Kerja, Hindari Yuk!

Muhammad Syahrul Ramadhan - 29 Desember 2021 10:39 WIB
<i>Jobseeker</i> Wajib Tahu, Ini 6 Kesalahan Wawancara Kerja, Hindari Yuk!
Jobseeker Wajib Tahu, Ini 6 Kesalahan Wawancara Kerja, Hindari Yuk! (Foto; Pexels)
Jakarta: Wawancara kerja merupakan tahapan lanjutan dari proses melamar pekerjaan. Jobseeker wajib mempersiapkan diri agar tidak melakukan kesalahan. Pasalnya, sesi ini merupakan penentu diterima atau tidak di perusahaan yang dilamar.

Nah, agar Kamu siap menghadapi sesi penting tersebut berikut enam kesalahan wawancara kerja yang harus dihindari. Simak baik-baik ya!

6 Kesalahan Wawancara Kerja

1. Datang terlambat

Datang 15 menit atau 30  menit sebelum wawancara kerja bukan hal yang sulit. Sayang, kandidat seringkali malah justru datang terlambat daripada tepat waktu atau datang lebih cepat.
Hal tersebut bisa dipersiapkan di hari sebelum wawancara jika belum kenal daerah atau  lokasi perusahaan berada. Sehingga pada hari H sudah tau harus naik apa, berangkat jam berapa sehingga bisa datang lebih cepat atau tepat waktu.

Dilansir dari Glints, meski memiliki CV dan nilai tes bagus tapi terlambat ketika wawancara kerja akan menunjukkan pribadi yang kurang profesional dan tidak pandai mengatur waktu.

2. Tidak paham profil perusahaan

Ketika melamar sebuah pekerjaan hal yang wajib dipelajari adalah profil perusahaan. Karena salah satu pertanyaan dalam wawancara kerja adalah pemahaman tentang perusahaan yang kamu lamar.

Tapi, sering dijumpai kandidat justru tidak memahami profil perusahaan. Akibatnya, tidak bisa menjawab pertanyaan seputar perusahaan.

Pahami profil perusahaan Foto:Getty Images
(Pahami profil perusahaan. Foto:Getty Images)

Ini tentu membuat rekruter, menggapmu kurang persiapan dan tidak memiliki ketertarikan terhadap perusahaan. Jadi, penting loh untuk membaca informasi tentang perusahaan yang kamu lamar.

3. Memberi ulasan jelek tentang perusahaan sebelumnya

Jika kamu pernah bekerja, rekruter akan menanyakan alasannya resign. Nah, pada saat mendapat pertanyaan tersebut jangan terpancing emosi lalu sengaja memberi ulasan atau komentar jelek tentang  gaji, bos, maupun rekan kerja di perusahaan sebelumnya.

4. Salah Kostum

Saat wawancara kerja hindari salah kostum. Pastikan Kamu mengenakan pakaian yang profesional.

Selain itu, perhatikan cara berpakaian dan persiapkan busana yang bersih dan rapi minimal satu hari sebelum sesi wawancara. Jika diperlukan busana khusus sesuai ketentuan perusahaan.

5. Rendah diri

Ketika wawancara kerja hindari rasa rendah diri. Caranya menjawab pertanyaan sesuai kemampuan Kamu.

Apabila mendapat pertanyaan kekurangan diri cara menjawabnya adalah menjelaskan bagaimana cara Kamu mengatasinya. Itu artinya kamu sudah melakukan problem solving terhadap permasalahan kamu.

6. Tidak konsentrasi

Sesi wawancara kerja harus dilakukan dengan maksimal, termasuk konsentrasi harus 100 persen. Jangan sampai kamu malah buyar konsentrasi.

Dilansir dari Qubisa, tidak konsentrasi merupakan salah satu kesalahan fatal kandidat selama sesi wawancara yang dapat mengurangi penilaian HRD. Pastinya sangat menyebalkan bagi pewawancara jika Anda terus meminta mengulangi pertanyaan atau memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan pertanyaan.

Obrolan tentang wawancara kerja ini juga tengah ramai di media sosial Twitter dengan tagar #KesalahanWawancara. Ramai cuitan parodi tanya jawab wawancara kerja. Salah satunya pertanyaan tentang apa yang membuat kandidat karyawan tertarik bekerja di sebuah perusahaan.

“Apa yang membuat kamu tertarik sama perusahan kami?"
"Gak ada yang narik narik saya kok pak, tadi saya masuk sendiri pas dipanggil"
"Maksudnya gini.."
"Dahlah pak saya resign aja capek debat sama bpk"
"Ga gitu bandeng rawa :)"


   

(RUL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id