comscore

5 Tips Beradaptasi dengan Dunia Pendidikan di Masa Depan

Ilham Pratama Putra - 11 November 2021 16:25 WIB
5 Tips Beradaptasi dengan Dunia Pendidikan di Masa Depan
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Kemajuan teknologi hingga kebutuhan dunia industri di masa depan telah mengubah  dunia pendidikan. Saat ini adaptasi teknologi bukanlah hal yang lagi tabu dalam pembelajaran.

Kehadiran pandemi covid-19 misalnya turut mempercepat digitalisasi dunia pendidikan. Saat ini pembelajaran pun bisa dilakukan secara daring.  Dengan begitu tantangan dunia pendidikan akan turut berubah.
Baca juga:  Kesadaran Guru Memanfaatkan Teknologi Meningkat 57%

Berikut lima tips beradaptasi dengan kemajuan pendidikan di masa depan:

  1. Kolaborasi.  Dalam sebuah project, seringkali dibutuhkan beberapa bidang ilmu lain untuk dapat memberikan solusi dari sebuah permasalahan. Kolaborasi lintas bidang sangat penting dalam dunia ilmiah modern. Misalnya dalam sebuah project sains teknologi, tentunya tidak hanya ahli sains saja yang dapat berkontribusi. Orang dari lintas bidang ilmu lain perlu ikut berkolaborasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Belajar sejak dini.  Pendidikan masa depan akan dimulai dari usia yang semakin muda. Anak-anak kecil mengadopsi dan menyimpan informasi serta mengembangkan minat dan kecenderungan mereka. Saat anak tumbuh dan mulai menjelajahi dunia di sekitar mereka, orang tua bisa mengenalkan Sains, Teknologi, Teknik, Matematika (STEM) sederhana. Menggunakan STEM untuk mendidik anak-anak dapat menginspirasi mereka untuk semangat belajar.
  3. Pembelajaran daring. E-Learning adalah tren terbesar dalam dunia pendidikan terlebih selama pandemi. Saat ini E-learning telah menjelma sebagai sumber belajar yang luas, video menarik dan kurikulum yang melengkapi buku teks yang digunakan siswa di sekolah.  Poin pentingnya adalah bagaimana orang tua maupun seklah menciptakan lingkungan belajar online yang menyenangkan dan menarik. Terlebih lagi, platform pembelajaran online memungkinkan siswa untuk memperluas minat mereka dan mempelajari materi pelajaran lebih dalam, yang pada akhirnya akan menginspirasi mereka untuk membangun karir yang berkembang dan menyeluruh.
  4. Menggunakan VR untuk Belajar.  Virtual Reality (VR) adalah hal yang menarik bagi siswa dalam membuat pembelajaran dunia maya menjadi seolah nyata. VR memungkinkan siswa dapat belajar dalam lingkungan yang membawa mereka dalam petualangan pembelajaran yang hebat tanpa harus meninggalkan kelas. Siswa dapat melihat dengan jelas bagaimana tata surya di semesta meskipun berada di kelas maupun di rumah. Teknologi VR dapat membantu siswa belajar lebih mudah.
  5. AI dalam Proses Pembelajaran. Artificial Intelegent (AI) sangat membantu manusia dalam aspek kehidupan, begitupun dengan proses pembelajaran. AI bisa mengubah cara guru mengajar, memetakan kebutuhan dan menganalisis kebutuhan anak didiknya. Tentunya hal tersebut akan mengoptimalkan proses pembelajaran untuk mecapai tujuan yang lebih baik. Mengadopsi teknologi dalam pembelajaran adalah salah satu langkah bagi pengajar untuk memudahkan proses, serta memberikan hasil yang lebih baik dibanding metode belajar sebelumnya.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id