comscore

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Arga sumantri - 19 Januari 2022 19:03 WIB
Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Wakil Koordinator Humas Universitas Jember (Unej) Rokhmad Hidayanto menyarankan siswa SMA/SMK sederajat lebih rajin menggali informasi mengenai program studi (Prodi) yang akan menjadi pilihan saat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Pengetahuan ini penting sebagai bekal memilih prodi saat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Rokhmad mengaku kerap mendapatkan pertanyaan umum soal prodi dalam setiap webinar sosialisasi penerimaan mahasiswa baru. Padahal, informasi-informasi umum tersebut saat ini amat mudah diakses di laman resmi perguruan tinggi negeri (PTN) atau laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

 



"Padahal tahapan memilih program studi dan PTN di jalur SNMPTN 2022 sudah di depan mata. Jika siswa masih bingung maka peluang untuk salah dalam memilih program studi akan besar," kata Rokhmad mengutip siaran pers Unej, Rabu, 19 Januari 2022.

Baca: 5 Tips Lolos Tahap Seleksi CV Applicant Tracking System

Ia menganjurkan agar siswa SMA/MA/SMK lebih giat mencari informasi mengenai sebuah program studi. Baik mengenai apa yang dipelajari, kekhasan, sistem perkuliahan, hingga apa yang didapat jika kuliah di program studi tertentu. 

Ia juga mengingatkan siswa agar selalu berkonsultasi dengan sekolah, terutama guru Bimbingan Konseling (BK) yang mengetahui rekam jejak akademis siswa serta orang tua sebagai penyedia biaya. Menurutnya, kerja sama siswa, guru dan orang tua ini bakal menentukan keberhasilan menembus seleksi masuk ke perguruan tinggi.

"Mumpung masih ada waktu, ayo cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai program studi beserta informasi pendukung lainnya semisal biaya kuliah," ungkapnya.

Ia menyarankan agar memilih prodi sesuai dengan minat atau cita-cita. Kedua, sesuaikan dengan kemampuan akademis agar tidak lantas memaksakan diri. Di sinilah pentingnya berkonsultasi dengan guru di sekolah. 

"Ketiga jangan lupa mohon doa restu orang tua sebab mereka yang akan membiayai kuliah Anda," ucap dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id