Pensiun Jadi Lebih Bahagia, Ini Tips dari Trainer Alumnus IPB

    Arga sumantri - 02 Desember 2020 14:59 WIB
    Pensiun Jadi Lebih Bahagia, Ini Tips dari Trainer Alumnus IPB
    Alumnus Fakultas Pertanian IPB University yang juga CEO Kubik Leadership, Jamil Azzaini.
    Bogor: Alumnus Fakultas Pertanian IPB University yang juga CEO Kubik Leadership, Jamil Azzaini, berbagi tips bagaimana menjadi bahagia dan produktif di usia pensiun. Materi ini disampaikan Jamil kala menjadi trainer dalam acara 'Pelatihan Purnabakti 2020' yang digelar Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) IPB University.

    Peraih penghargaan Alumni Inspiratif Profesional pada acara IPB Awarding Day 2020 ini aktif membuka forum konsultasi. Ia juga dikenal kerap membuka pelatihan bagi pengusaha maupun pensiunan. 

    "Masa pensiun merupakan masa yang indah untuk dijalani, di mana pemaknaan spiritual mulai terasa," ujar Jamil mengutip siaran pers IPB University, Rabu, 2 Desember 2020.

    Jamil mengatakan, pada masa pensiun, sering ditemukan kekhawatiran berupa masalah kesehatan, keuangan, tak ada aktivitas dan kesepian. Terutama, pada kalangan profesional. "Bila tidak dikelola dengan baik maka akan membuat diri semakin lemah dan rapuh," ungkapnya.

    Baca: Kiat Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat

    Menurut dia, diperlukan ilmu untuk bahagia karena penuaan merupakan sebuah keniscayaan. Berdasarkan pengalamannya sejak 1999, ia pastikan bahwa kebahagiaan adalah pilihan pribadi.

    Seorang yang sedang berada di masa pensiun harus membiasakan diri untuk berkomunikasi dan berdiskusi pada hal-hal yang masih berada di bawah kendali diri. Misalnya, seperti respons, pikiran dan tindakan, sehingga tidak akan menyerahkan kebahagiaan diri pada persepsi orang lain. Cara mendapatkan kebahagian tersebut dapat diraih dengan mengembalikan manusia pada takdir terbaiknya yaitu sukses mulia.

    "Yaitu kesuksesan yang diperoleh oleh individu yang dijadikan sumber manfaat bagi orang-orang di sekitar. Singkatnya berbagi kesuksesan kepada lingkungan sekitar," jelasnya.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id