comscore

Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Wawancara Beasiswa

Ilham Pratama Putra - 08 Desember 2021 18:04 WIB
Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Wawancara Beasiswa
Webinar UIGM Pentingnya Beasiswa di Masa Pandemi Scholasrship for Your Future. Foto: Zoom
Jakarta: Dalam meraih beasiswa, para peserta dihadapkan dengan berbagai macam persyaratan. Hal itu diperlukan bagi pemberi beasiswa untuk menggali kelayakan dan menentukan kandidat yang paling pas menerima bantuan pendidikan.

Selain memenuhi syarat administrasi dan pemberkasan, para peserta juga biasanya dihadapkan dengan sejumlah tes. Jika tes tertulis biasanya diuji lewat materi yang sifatnya akademis, maka wawancara lebih kepada mengkur soft skills dan komitmen seorang penerima beasiswa.
"Karena itu kalau ada tes wawancara itu lebih tricky ya," ujar Dosen Universitas Indo Global Mandiri, Endy Agustian dalam webinar UIGM Pentingnya Beasiswa di Masa Pandemi Scholasrship for Your Future, Rabu, 8 Desember 2021.

Endy pun membagikan tips, agar sukses ketika harus menghadapi wawancara beasiswa. Menurutnya ada beberapa pertanyaan yang kerap muncul ketika tes wawancara untuk beasiswa.

"Beberapa pertanyaan ini tentu perlu dipahami. Biasanya apa sih dampak yang dapat diberikan program ini untuk kamu. Kemudian makna kegagalan dan kesuksesan bagi kamu," tuturnya.

Selanjutnya, dia mengatakan jika pelamar beasiswa harus bisa menggambarkan rencana perkuliahan. Termasuk juga rencana karier ataupun akademik hingga 10 tahun ke depan.

"Menghadapi itu, kalian sekurangnya mesti mengaitkan dengan latar belakang, pengalaman, keahlian, dan network," lanjutnya.

Baca juga:  Ada Beasiswa Kuliah Gratis di Hungaria, Ini Link Pendaftarannya

Kemudian kata dia, pertanyaan yang kerap muncul ialah pertanyaan yang menuntut alasan. Misalnya kenapa sebagai pelamar, kamu layak mendapatkan program beasiswa hingga kenapa memilih universitas dan memilih program studi tersebut.

"Atau untuk S2 dan S3 akan ditanya riset apa yang diangkat dan kenapa. Kenapa memilih Indonesia atau luar Indonesia untuk melanjutkan kuliah, sampai kenapa pemberi beasiswa harus memilih kamu," terangnya.

Namun menurut Endy, kunci menghadapi wawancara ialah mengenali diri sendiri. Sehingga pelamar beasiswa mengerti dan paham apa yang akan dia kembangkan dari dalam dirinya.

"Itulah kenapa penting mengetahui strengths, weaknesses, opportunities, threats," tutup dia.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id