comscore

Siswa, Hal Ini Lebih Penting daripada Berburu Tips dan Trik Lolos Beasiswa

Citra Larasati - 21 Mei 2022 15:09 WIB
Siswa, Hal Ini Lebih Penting daripada Berburu Tips dan Trik Lolos Beasiswa
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta:  Penerima beasiswa S2 Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Imperial Collage London, Nisa Sri Wahyuni mengingatkan pemburu beasiswa untuk tak melulu mencari tips dan trik lolos seleksi beasiswa. Di atas tips dan trik, menurutnya setiap pemburu beasiswa harus memiliki motivasi.

"Pertama itu, tidak ada tips dan trik. Ketika kamu punya willingness, motivasi dan niat itu sudah lebih dari cukup," ujar Nisa dalam siaran instagram @beasiswaosc, Jumat 20 Mei 2022.
Menurutnya, motivasi yang kuat membawa pemburu beasiswa ke jalan yang lebih mudah untuk menjebol beasiswa. Motivasi pun, kata dia, tak hanya sekadar mengantongi semangat.

"Kenali dulu kenapa mau S2, punya alasan kuat. Tunjukkan willingness. Apa tandanya kamu punya willingness kamu sudah tahu jurusan apa yang didaftar, kenapa jurusan itu, kenapa di kampus itu, kamu sudah harus tahu akan belajar apa nanti, silabusnya apa sudah tahu. Itu tanda kalau kamu punya motivasi besar," ungkapnya.

Menurutnya, orang seperti itu akan lebih disukai pemberi beasiswa. Setelah itu barulah pemburu beasiswa menganalisa diri.

"Kekurangannya diri apa. Misal kurang koneksi dengan pembimbing kuliah ya kan, padahal butuh rekomendasi. Atau kurang kemampuan bahasa, itu yang diasah. Buat prioritasnya," jelas dia.

Baca juga:  Mengenal Apostille Dokumen, Prasyarat Lamaran Beasiswa Luar Negeri

Termasuk juga dalam melengkapi berkas yang dibutuhkan dalam melamar beasiswa. Setelah dokumen lengkap barulah pemburu beasiswa mempersiapkan diri untuk wawancara maupun menulis esai.

"Untuk wawancara esai bisa ditanya ke alumni kira-kira apa ya yang mesti dimuat, cari referensi. Jangan mau kuliah S2 itu karena ikut temen, keren-kerenan di IG. Buat pemberi beasiswa itu enggak worth it untuk diberi dana," tutup dia.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id