Mahasiswa Indonesia di AS Berkesempatan Paparkan Riset kepada Pelaku Industri

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 08 Juli 2020 11:06 WIB
    Mahasiswa Indonesia di AS Berkesempatan Paparkan Riset kepada Pelaku Industri
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Washington DC, Amerika Serikat (AS), dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), meluncurkan seri webinar bertajuk Bincang Karya Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (BIANKA). Seri webinar ini menjadi wadah mahasiswa asal Indonesia di Amerika Serikat yang tengah studi dan melakukan riset.

    Atdikbud KBRI Washington DC, Poppy Rufaidah, menyampaikan sudah ada 289 mahasiswa penerima beasiswa LPDP yang studi S2 dan S3 di Amerikan Serikat, siap untuk memamparkan risetnya. Nantinya, seri webinar ini juga akan menghadirkan pelaku industri dan Kementerian/Lembaga.

    "Memberikan manfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bentuk webinar yang disiarkan melalui YouTube facebook dan instagram. Harapannya mahasiswa yang ada di sini bisa mengambil nilai-nilai peningkatan kompetensi," ujar Poppy dalam peluncuran BIANKA secara daring, Rabu, 8 Juli 2020.

    Para mahasiswa ini juga langsung mendapatkan umpan balik dari pelaku industri maupun dari kementerian/lembaga. Harapannya, riset  mejadi lebih baik, dan bisa diterapkan di Indonesia lewat wujud inovasi.

    Sementara itu, Ketua MRPTNI Jamal Wiwoho menyampaikan BIANKA ini merupakan kolaborasi apik dengan Atdikbud di Amerika Serikat. Gelaran ini, kata dia, bisa memberikan gambaran maupun masukan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat. Dengan begitu, bisa meningkatkan jumlah anak Indonesia yang studi lanjut di negeri Paman Sam.

    “Kita bermimpi, bagaimana bisa mendorong mahasiswa kita tidak hanya kuliah S2 dan S3 di Asia saja, kita dorong masuk perguruan tinggi top di Amerika Serikat," kata Jamal.

    Baca: Ventilator Buatan UGM Diproduksi Massal Bulan Depan

    Direktur Umum LPDP Rionald Silaban memastikan mendukung penuh program webinar ini. Ia berharap BIANKA ini menjadi forum karya mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat.

    "BIANKA bisa menjadi forum untuk mengetengahkan karaya dan pencapaian anak-anak kita, khususnya yang sedang bersekolah di Amerika Serikat," ujar Rionald.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id