Pabrik Katalis Nasional Pertama Hasil Pengembangan ITB Dibangun 2021

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 29 Juli 2020 14:58 WIB
    Pabrik Katalis Nasional Pertama Hasil Pengembangan ITB Dibangun 2021
    Penandatanganan kesepakatan terkait pembangunan Pabrik Katalis Merah Putih di Kampus ITB. Foto: Dokumentasi Humas ITB
    Jakarta: Program Strategi Nasional Pabrik Katalis Merah Putih yang dikembangkan oleh Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalisis (TRKK) Institut Teknologi Bandung (ITB) akan segera dibangun pada September 2021. Program yag didanai Kementerian Riset dan Teknologi (Kemeneristek) sejak 2017 lalu ini akan menjadi pabrik katalis nasional pertama di Indonesia, yang 100 persen dikembangkan dan dibangun oleh anak bangsa.

    Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro menyampaikan dengan adanya Pabrik Katalis Merah Putih ini nantinya bensin nabati, termasuk diesel nabati, dan avtur nabati, akan bisa dihasilkan dalam jumlah besar. Selain itu, memberi keuntungan untuk kebun rakyat, karena yang dipakai minyak inti sawit.

    "Ini menguntungkan kebun rakyat, perkebunan besar kan pasti minyak sawit mentah (Crude Palm Oil, CPO), sedangkan kebun rakyat ini kita arahkan minyak inti sawit, untuk nantinya kita kembangkan bensin nabati," terang Bambang di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Bandung, Rabu, 29 Juli 2020.

    Tim Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalisis (TRKK) ITB Subagjo menyebut pabrik ini berlokasi di Kawasan Industri Cikampek. Tujuannya, memenuhi kebutuhan katalis industri pengilangan minyak, industri kimia dan petrokimia, serta industri energi. 

    Selain itu, pabrik yang direncanakan mulai produksi pada tri wulan kedua 2021 ini membuka peluang kemandirian Indonesia di sektor teknologi energi.

    "Pengembangan dan pembangunan pabrik katalis ini membuka peluang bagi Indonesia untuk mandiri dalam teknologi proses dan ketahanan energi," ujar Subagjo.

    Baca: Pemerintah Kucurkan Rp3,1 Miliar untuk Danai Riset Covid-19 di UI

    Ia menjelaskan, katalis adalah kunci teknologi proses. Hampir seluruh industri proses, baik itu industri kimia, petrokimia, pengilangan minyak dan gas, maupun oleokimia, termasuk di dalamnya teknologi energi terbarukan berbasis biomassa dan minyak nabati, memerlukan katalis. Penguasaan teknologi katalis adalah langkah awal bagi kemandirian dalam bidang teknologi proses. 

    Sampai saat ini, Indonesia masih mengimpor hampir seluruh kebutuhan katalis nasional. Pembangunan pabrik katalis ini dimaksudkan untuk mengurangi porsi impor katalis nasional, mengembangkan katalis untuk teknologi proses, dan penguatan industri proses dalam negeri sehingga tidak bergantung pada katalis impor.

    Hari ini Rabu, 29 Juli 2020 PT Pertamina (Persero), PT Pupuk Kujang, dan PT Rekacipta Inovasi ITB bersepakat untuk mendirikan perusahaan patungan Pabrik Katalis Merah Putih yang merupakan hilirisasi dari pengembangan katalis yang dilakukan di ITB. Kerja sama ditandai penandatangan nota kesepahaman.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id