Pakar UGM: Pakai Masker Tak Sebabkan Keracunan Karbondioksida

    Citra Larasati - 13 Agustus 2020 10:00 WIB
    Pakar UGM: Pakai Masker Tak Sebabkan Keracunan Karbondioksida
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta:  Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan-Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr. Mahatma Sotya Bawono, M.Sc, Sp.THT-KL., membantah klaim bahwa mengenakan masker bisa menyebabkan keracunan gas buang pernafasan karbondioksida (CO2) dan kekurangan oksigen (O2). 

    Bantahan ini disampaikan, menyusul munculnya pesan berantai tentang efek negatif penggunaan masker belakangan ini.  Seperti mengakibatkan keracunan gas buang pernafasan karbondioksida (CO2) dan kekurangan oksigen (O2) atau hipoksia.
     
    "Belum ada bukti yang mendukung kalau pemakaian masker berefek negatif seperti mengakibatkan keracunan karbondioksida dan kekurangan oksigen," tegas pria yang akrab disapa Boni ini dalam siaran pers UGM, Kamis, 13 Agustus 2020.
     
    Dia menyampaikan, penggunaan masker aman bagi kesehatan dan telah dibuktikan oleh para tenaga kesehatan. Bahkan, dalam operasi yang berlangsung hingga bereberapa jam, belum pernah dijumpai kasus, baik dokter maupun tenaga medis lainnya yang mengalami keracunan karbondioksida dan maupun kekurangan pasokan oksigen.

    Baca juga:  Guru Besar: Riset Multidisiplin Perlu Kepercayaan Antarpeneliti

    Terlebih lagi hingga linglung atau pingsan akibat sirkulasi udara yang kurang lancar karena terhalang masker.  "Kalau sampai ada nakes yang pingsan itu bukan murni karena maksernya. Perlu dilihat juga adanya faktor lain pada individu tersebut, bisa jadi kondisinya lapar dan dehidrasi sehingga tanpa pakai masker pun sudah ada risiko pingsan," papar Boni.
     
    Penggunaan masker, lanjutnya, justru dianjurkan di masa pandemi sebagai upaya pencegahan penularan covid-19 ketika beraktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain. Penelitian menyebutkan, masker terbukti efektif mengurangi transmisi virus corona yang berukuran nanometer.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id