659 Relawan Siap Jalani Uji Klinis Vaksin Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 04 Agustus 2020 18:27 WIB
    659 Relawan Siap Jalani Uji Klinis Vaksin Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Tim Riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) akan mulai menggelar uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech, Tiongkok pada 11 Agustus 2020 mendatang. Manajer Lapangan Uji Vaksin Covid-19 Unpad, Eddy Fadlyana menyebut, telah mendapat ratusan relawan uji klinis vaksin covid-19.

    "Pendaftaran relawan untuk uji klinis vaksin ini dibuka sejak tanggal 28 Juli sampai dengan 31 Agustus. Tanggal 11 (Agustus) kita akan mulai uji klinis. Sampai sekarang sudah ada 659 relawan yang serius ingin ikut," kata Eddy kepada Medcom.id, Selasa, 4 Agustus 2020.

    Dia menyebut, kendala utama uji klinis ini ialah banyaknya pendaftar yang berada di luar kota Bandung. Sementara akses transportasi saat ini begitu sulit.

    Sementara persyaratan yang harus terpenuhi ialah mereka yang berdomisili di kota Bandung dan para relawan itu harus berusia 19 sampai 59 tahun.

    Adapun skema uji klinis vaksin, para relawan harus lolos terlebih dahulu pemeriksaan fisik. Termasuk kesehatan para relawan juga harus diperhatikan.

    "Vaksin ini kan dari virus yang sudah dimatikan. Jadi benar-benar harus dipastikan kesehatannya.. calon relawan juga akan menjalani rapid dan swab test. Hasilnya sudah akan keluar sebelum hari penyuntikan vaksin itu sendiri,” terang Eddy.

    Baca juga: Bio Farma: Sinovac Tiongkok Jangka Pendek, Vaksin Merah Putih Jangka Panjang

    Hasil tes itu akan menentukan, apakah calon relawan bisa ikut uji klinis atau malah harus dirawat atau dikarantina karena terinfeksi covid-19. Jika yang bersangkutan terinfeksi maka langsung mendapat penanganan oleh tim dokter Unpad.

    Masa pendaftaran yang bakal berakhir 31 Agustus itu kata Eddy bisa ditutup lebih awal, jika kuota terpenuhi. Dia menargetkan ada 1.600 relawan yang bisa dijadikan riset uji klinis vaksin itu.

    Pendaftaran dapat dilakukan di Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RS Hasan Sadikin Bandung. Ataupun dengan menghubungi unit riset pada nomor telepon 022–2034471 atau Whatsapp 08112214235.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id