comscore

Peleburan 5 Lembaga ke BRIN Dinilai Tergesa-gesa

Ilham Pratama Putra - 11 Januari 2022 20:54 WIB
Peleburan 5 Lembaga ke BRIN Dinilai Tergesa-gesa
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) melebur lima lembaga, di antaranya Batan, Lapan, LIPI, BPPT, dan LBM Eijkman. Pengamat Intelijen, Connie Rahakundini Bakrie berpendapat jika peleburan yang dilakukan BRIN tidak dengan persiapan matang.

Walaupun peleburuan ini bertujuan baik, kata dia, maka hal tersebut tak ada artinya. Terlebih, tak ada forum diskusi yang dilakukan BRIN dengan stakeholder mengenai peleburan tersebut.
"Niat baik negara jika dijalankan dengan cara dan mekanisme yang salah, terburu-buru dan tidak berdasarkan musyawarah mufakat antar institusi established terkait, yang tidak established, monggo silakan," kata Connie kepada Medcom.id, Selasa, 11 Januari 2022.

Baca: Ilmuwan dan Cendekiawan Desak Jokowi Revisi Perpres Peleburan Lembaga ke BRIN

Menurut dia, jika BRIN berkukuh dengan sikap seperti, akan berbahaya. Ia menilai, dunia riset Indonesia ke depan justru tak akan berada dalam jalan yang baik.

"Dipastikan akan membawa malapetaka dibandingkan membawa kebaikan yang diharapkan," tutupnya.

Diketahui saat ini lima lembaga dileburkan ke dalam tubuh BRIN. Kebijakan ini sesuai Pasal 58 Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 tentang BRIN.

Aturan tersebut menyatakan, mulai 1 September 2021, seluruh lembaga penelitian diintegrasikan ke dalam BRIN. Meliputi lima entitas lembaga penelitian resmi, yakni Batan, Lapan, LIPI, BPPT, dan Kemenristek/BRIN, termasuk di dalamnya LBM Eijkman.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id