Pesawat Nirawak Elang Hitam Siap Terbang Januari 2021

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 10 Agustus 2020 20:48 WIB
    Pesawat Nirawak Elang Hitam Siap Terbang Januari 2021
    Pesawat nirawak Puna MALE Elang Hitam. Foto: Medcom/Intan Yunelia
    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro menyampaikan Pesawat Udara Nirawak (Puna) sudah siap terbang. Pesawat udara nirawak berjenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) Elang Hitam ini akan mulai terbang pada Januari 2021.

    Bambang mengatakan, pesawat yang mempunyai kemampuan terbang selama 24 jam ini akan dilengkapi senjata. Pesawat sudah mendapatkan Setifikat Tipe dari Indonesia Military Airworthiness Authority (IMAA). 

    "Hasil pengembangan akan diproduksi oleh PT DI (Dirgantara Indonesia), dengan target first flight pada bulan Januari 2021," kata Bambang dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-25, Senin, 10 Agustus 2020.

    Baca: Elang Hitam, Drone BPPT Calon Pelindung Langit Nusantara

    Bambang mengatakan, PUNA ini merupakan bentuk kemandirian dalam pertahanan nasional. Pesawat nirawak jenis kombatan ini hasil inovasi Konsorsium Kemenristek/BRIN dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dipimpin oleh Badan Pengakajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

    Selain PUNA, Menristek juga menunjukkan perkembangan N219 Amphibi. Pesawat ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Tol Laut. Pesawat pengangkut berjenis amfibi ini mengusung teknologi composite, smart, light, and green technology. Pesawat ini dalam tahapan desain bentuk float.

    "Pesawat ini difungsikan untuk berbagai keperluan, seperti pesawat penumpang, kargo, carter industri lepas pantai, search and rescue bencana, hingga pelayanan kesehatan dalam bentuk ambulans udara," terangnya.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id