Unpad Beberkan Alasan Indonesia Pilih Kerja Sama Vaksin Sinovac

    Ilham Pratama Putra - 11 September 2020 16:00 WIB
    Unpad Beberkan Alasan Indonesia Pilih Kerja Sama Vaksin Sinovac
    Ketua Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjajaran (Unpad) Kusnandi Rusmil. Foto: Tangkapan layar.
    Jakarta: Ketua Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjajaran (Unpad) Kusnandi Rusmil mengungkapkan alasan Indonesia menjalin kerja sama pembuatan vaksin dengan perusahaan farmasi asal Tiongkok, Sinovac. Menurutnya, Indonesia dipermudah oleh Sinovac dalam hal proses uji klinis vaksin covid-19.

    "Karena Sinovac berasal dari RRT (Tiongkok) dan penyakit ini berasal dari RRT di Wuhan, dan mereka telah melakukan uji klinis fase satu dan dua. Dan kita tinggal melakukan lanjutan fase tiga bersama-sama Brasil, India Bangladesh dan Turki," ujar Kusnandi dalam orasi ilmiah dies natalis Unpad ke-63, Jumat, 11 September 2020.

    Makanya, Indonesia melalui Bio Farma kemudian bekerja sama dengan Unpad untuk melakukan uji klinis vaksin dari Sinovac. Menurutnya, dengan telah dilakukan uji klinis fase satu dan dua, maka uji klinis fase tiga akan lebih mudah.

    "Fase satu dan dua itu cukup baik hasilnya, sehingga efektivitasnya baik. Sehingga kita lebih pede lagi melakukan uji klinis," sambung Kusnandi.

    Baca: UI Kembangkan Vaksin DNA untuk Covid-19

    Jika dibandingkan vaksin lainnya, seperti Astrazeneca dari Amerika, Kusnandi lebih percaya pada Sinovac. Sebab, dia menemukan jika Astrazeneca sempat gagal saat diujikan kepada relawan vaksin.

    "(Astrazeneca) dia menyuntikkan virus hidup. Itu ada yang tidak cocok, sehingga harus disetop. Tapi, yang punya Bio Farma itu sifatnya virusnya dimatikan. Jadi tidak mungkin menyebabkan sakit, aman," terangnya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id