BPPT: Kuasai Kecerdasan Buatan, Indonesia Bakal Semaju Qatar

    Ilham Pratama Putra - 24 November 2020 14:25 WIB
    BPPT: Kuasai Kecerdasan Buatan, Indonesia Bakal Semaju Qatar
    'Opening of ASEAN Workshop on 4th Industrial Revolution on AI on Energy Efficiency, Cyber Security and Agriculture. Foto: YouTube
    Jakarta: Kepala Laboratorium Teknologi dan Rekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Edi Hilmawan menyebut Indonesia bisa semaju Qatar jika menguasai Artificial Intelegent (AI) atau kecerdasan buatan. Hal itu dapat terjadi jika Indonesia mau memulai mengelola data digital dengan baik.

    "Kita adalah Qatar kalau bisa mengelola data, dan kita punya data yang besar yang bisa dimanfaatkan," ujar Edi dalam 'Opening of ASEAN Workshop on 4th Industrial Revolution on AI on Energy Efficiency, Cyber Security and Agriculture', di Jakarta, Selasa, 24 November 2020.

    Menurutnya, selama ini data yang dibutuhkan Indonesia untuk membangun AI masih terpisah. Bagi Edi, pengumpulan data inilah yang pertama kali harus dilakukan.

    "Ini yang perlu effort, perlu implementasinya kita kejar. (Namun) kita punya potensi implementor AI," ungkapnya.

    Dengan begitu, dia yakin Indonesia sudah siap memanfaatkan AI. Pemanfaatan AI memang sudah harus disiapkan guna menyambut revolusi digital.

    Baca juga:  Business Summit 2020, Upaya IKA ITS Hilirisasi Inovasi

    "Saat ini kita cukup banyak ahli AI yang bermukim di luar negeri. Tapi ini bisa kita tarik lalu kita minta untuk membantu," sambung dia.

    Selain itu untuk peningkatan AI, Indonesia juga harus menambah kapasitas data center digital. Saat ini baru ada 27 ribu data center digital di Indonesia.

    "Harusnya masih bisa naik lagi. Ini bisa menjadi sesuatu yang katakanlah yang bisa meningkatkan community power seperti Gojek. Gojek adalah contok AI yang bisa impactful pada perkembangan revolusi industri kita," pungkasnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id