comscore

Ini 13 Spesies Flora Baru Temuan BRIN

Arga sumantri - 28 Januari 2022 11:03 WIB
Ini 13 Spesies Flora Baru Temuan BRIN
Tanaman Begonia. Foto: BRIN.
Jakarta: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menemukan setidaknya 13 flora spesies baru. Tumbuhan berbunga (gesneriaceae) menjadi temuan terbanyak di bidang botani. 

Terdapat empat spesies cyrtandra baru yang ditemukan seorang ahli Botani dari Pusat Riset Biologidi Sulawesi A. Kartonegoro. Keempatnya yaitu Cyrtandra balgooyi, Cyrtandra flavomaculata, Cyrtandra longistamina, dan Cyrtandra parvicalyx. 
Untuk genus begonia ditemukan dua jenis baru yaitu Begonia robii dari Sumatera Barat dan Begonia willemii dari Sulawesi Tengah. Peneliti Botani dari Pusat Riset Biologi Deden Girmansyah mengungkapkan kedua jenis baru tersebut merupakan jenis endemik Sumatera dan Sulawesi. 

"Begonia willemii merupakan seksi dari petermannia. Untuk Begonia robii memiliki karakteristik batang yang menjalar, daun bercorak totol totol, dan memiliki bunga bewarna putih," kata Deden dalam keterangannya, Jumat, 28 Januari 2022.

Baca: Sulawesi Jadi Pusat Lokasi Penemuan Spesies Baru

Peneliti Botani Pusat Riset Biologi Wita Wardani beserta tim juga berhasil mengidentifikasikan tumbuhan pteridofita jenis baru yaitu Deparia stellata. Jenis baru ini diidentifikasi berdasarkan spesimen tipe yang dikoleksi oleh W.R. Barker dalam Ekspedisi Pegunungan Bintang tahun 1975. 

Ekspedisi tersebut merupakan perjalanan eksplorasi botani kolaboratif antara Rijksherbarium Belanda dengan herbarium nasional Papua Nugini. Selain itu, beberapa spesies lain juga ditemukan, di antaranya jahe-jahean (zingiberaceae) yaitu Etlingera comosa dari Sumatera dan Zingiber ultralimitale subsp. Matarombeoense dari Sulawesi. 

Sedangkan, dari jenis jamur ditemukan Marasmius jasingensis dari Jawa Barat.  Jenis lainnya yang ditemukan yaitu Bulbophyllum mamasaense dari Sulawesi, Artocarpus bergii dari Maluku dan Impatiens dairiensis Sumatera. Sedangkan, dari luar Indonesia ditemukan jenis baru yaitu Freycinetia quezonensis dari Filipina

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id