BPJT Gandeng UGM Pantau Kerusakan Jalan Tol Pakai Kecerdasan Buatan

    Arga sumantri - 24 Januari 2021 12:11 WIB
    BPJT Gandeng UGM Pantau Kerusakan Jalan Tol Pakai Kecerdasan Buatan
    Ilustrasi Jalan tol. Dok Jasa Marga.


    Yogyakarta: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menggandeng peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI). Khususnya, untuk memantau kerusakan jalan tol di seluruh Indonesia. 

    Pemanfaatan teknologi AI ini diharapkan bisa memberi informasi yang lebih cepat apabila terjadi potensi adanya retakan dan lubang. Dengan begitu, tindakan pemeliharaan segera dilakukan lebih dini.


    "Dari teknologi ini kita bisa memprediksi kondisi aset jalan tol sehingga pemeliharaan dapat dilakukan segera tanpa menunggu jalan tol itu rusak," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, mengutip siaran pers UGM, Minggu, 24 Januari 2021.

    Menurut Danang pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan ini memungkikan pemeliharaan aset infrastruktur jalan tol lebih terjaga dengan baik. Sebab, BPJT mengatur 2.300 kilometer jalan tol yang dikelola oleh 40 badan usaha milik pemerintah maupun swasta. 

    "Ada 62 ruas jalan tol dengan portofolio investasi lebih dari Rp600 triliun, ini aset luar biasa," ungkap Danang.

    Baca: Polgov UGM Raih Hibah Penelitian NORHED Rp32 Miliar

    Selain itu, kata Danang, pemerintah berencana membangun jalan tol baru sepanjang 2.500 km hingga 2024. Sehingga, mengelola jalan tol sepanjang itu diperlukan teknologi yang lebih canggih dan tidak lagi mengandalkan metode pemetaan secara manual.

    Dengan adanya data dari teknologi kecerdasan buatan dalam mengumpulkan informasi kerusakan jalan tol, maka nantinya pihak BPJT akan meminta badan usaha pengelola jalan tol melakukan perbaikan langsung. Sebab, sudah ada standar minimal pelayanan jalan tol. 
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id