FRI: Buruknya Infrastruktur Hambat Ekosistem Berinovasi di Kampus

    Ilham Pratama Putra - 12 November 2020 13:53 WIB
    FRI: Buruknya Infrastruktur Hambat Ekosistem Berinovasi di Kampus
    Ketua Forum Rektor Indonesia, Arif Satria. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah kesempatan mengatakan, bahwa dibutuhkan ekosistem yang baik agar inovator dan hasil inovasi terus bermunculan.  Namun sayangnya, saat ini masih banyak perguruan tinggi yang tidak memiliki ekosistem yang baik untuk tumbuhnya iklim inovasi tersebut.

    Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI), Arif Satria mengatakan, salah satu yang membuat ekosistem berinovasi di kampus tidak baik ialah buruknya infrastruktur.  Infrastruktur inilah yang harus dibenahi jika perguruan tinggi ingin melahirkan inovator hingga inovasi yang baik.

    "Memang satu infrastruktur, kemudian laboratorium," ujar Arif di gedung Kemenko Pembangunan Manusia Kebudayaan (PMK), Jakarta Pusat, Kamis 12 November 2020.

    Setelah itu, barulah perguruan tinggi bisa berfokus untuk membuat inovasi. Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu mengatakan, inovasi juga membutuhkan adanya regulasi yang baik.

    "Kita juga perlu membuat regulasi. Kalau dimungkinkan ada insentif buat para inovator yang akan melakukan inovasi," terangnya.

    Baca juga:  Jokowi Ajak Inovator Bertalenta Berkontribusi untuk Indonesia

    Arif mengatakan, dibutuhkan pula regulasi yang bisa mengatur hubungan yang baik antara inventor dengan industri. Sebab, saat ini belum ada garis tegas yang menghubungkan akademisi dengan industri.

    "Jadi saat ini problemnya adalah memang industri dengan akademisi itu belum bisa sepenuhnya 'nyekrup'. Karena masing-masing punya perspektif yang berbeda tentang inovasi," jelas Arif.

    Dalam konflik itu, kerap terdengar jika inovator merasa satu produk inovasi yang dibuat telah cukup, namun industri masih belum puas. Parahnya, adapula industri nakal yang hanya ingin membeli produk, padahal tujuan berinovasi adalah kolaborasi.

    "Jadi ini perlu ada mediasi. Saya mengusulkan pada pemerintah salah satu ekosistem inovasi nasional itu ada lembaga inovasi yang secara nasional memediasi konflik antara kampus dengan industri," pungkasnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id