Itera Miliki Lab PLTS Terbesar di Indonesia

    Arga sumantri - 08 Januari 2021 14:03 WIB
    Itera Miliki Lab PLTS Terbesar di Indonesia
    Peresmian Pembangkit Listrtik Tenaga Surya (PLTS) dan Indonesia Continuously Operating Reference Station (Ina-Cors) di Itera. Lampost.co/Umar Robani
    Lampung: Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kapasitas 1 Megawatt-peak (MWp). PLTS ini dibangun atas kerja sama Itera, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Surya Utama Nuansa (SUN). 

    PLTS yang dibangun di atas lahan seluas 1 hektare tersebut menjadi laboratorium PLTS terbesar di Indonesia yang akan dimanfaatkan untuk berbagai penelitian tentang energi terbarukan. Dengan beroperasinya PLTS tersebut, Itera telah mampu memenuhi 50 persen kebutuhan energi listrik secara mandiri.

    Peresmian pengoperasian laboratorium PLTS 1 MWp ITERA dilakukan bersamaan dengan peresmian Indonesia Continuously Operating Reference Station (Ina-CORS) hasil kerja sama antara Itera dan Badan Informasi Geospasial (BIG). Ina Cors merupakan jaring kontrol geodetik aktif di Indonesia berupa stasiun Global Navigation Satellite System (GNSS) permanen di permukaan bumi untuk kebutuhan informasi geospasial dasar, termasuk pemetaan.

    Baca: Eijkman: Pengembangan Vaksin Merah Putih Mencapai 60%

    Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengapresiasi pembangunan Laboratorium PLTS dan Ina-CORS Itera. Nizam menilai hal itu menjadi wujud nyata keberhasilan perguruan tinggi dalam membangun kolaborasi dengan stakeholder, yaitu pemerintah, BUMN, dunia industri, dan masyarakat.  

    "Sinergi pentahelik adalah sebuah keniscayaan untuk wewujudkan kampus menjadi mata air dalam pengembangan Iptek untuk industri. Semoga PLTS dan Ina-CORS ITERA dapat mewarnai pembanguan di Provinsi Lampung dan membawa kemajuan untuk Sumatera dan Indonesia," ujar Nizam melalui siaran pers Itera, Jumat, 8 Januari 2021.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id