2021, Kemenristek Fokus Kembangkan Ventilator ICU Pertama di Indonesia

    Arga sumantri - 27 Januari 2021 20:48 WIB
    2021, Kemenristek Fokus Kembangkan Ventilator ICU Pertama di Indonesia
    Rapat koordinasi nasional riset dan inovasi 2021. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
    Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mendorong pengembangan ventilator ICU yang pertama di Indonesia tahun ini. Ventiator ICU ini disebut cukup dibutuhkan guna memaksimalkan penanganan covid-19.

    "Kita akan fokus untuk upaya kita melahirkan ventilator ICU pertama di Indonesia," kata Menristek Bambang Brodjonegoro dalam Rapat Koordinasi Nasional Riset dan Inovasi 2021, di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu, 27 Januari 2021.

    Bambang mengatakan, ventilator ICU ini berbeda dengan ventilator lainnya. Menurut dia, ventilator ICU ini mutlak membutuhkan uji klinis, dan prosesnya tidak mudah. 

    "Karenanya kita sudah melihat ada lima lembaga yang saat ini mengembangkan ventilator ICU," ujarnya.

    Baca: Kemenristek Ingin Kembangkan Saliva, Sampel Swab dengan Air Liur

    Ia berharap tahun ini ada ventilator ICU yang bisa lolos uji dan mendapat izin dari Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK). Dengan begitu, bisa dipakai untuk menangani pasien.

    "Kita harapkan yang lain-lain bisa mengejar, sehingga di bidang ventilator, kita bisa kuasai semua, sehingga mengurangi ketergantungan terhadap impor," ungkapnya.

    Sampai hari ini, kata Bambang, ventilator yang dikembangkan para inovator dari perguruan tinggi maupun lembaga, belum ada yang berjenis ICU. Padahal, ventilator ini amat dibutuhkan untuk ruang ICU.

    "Ruang yang sangat critical untuk berhasil tidaknya pengobatan. Maka kita akan fokuskan tahun ini kita harus bisa melahirkan icu ventilator, di samping tetap mengembangkan ventilator jenis lain," ungkapnya. 

    Selama masa pandemi, Indonesia telah mengembangkan sejumlah ventilator. Antara lain, Vent-I Origin, COVENT-20, dan GERLIP HFNC-01.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id