Mahasiswa UMM Rancang Alat Pengukur Kelayakan Jembatan Baja

    Antara - 26 September 2020 22:06 WIB
    Mahasiswa UMM Rancang Alat Pengukur Kelayakan Jembatan Baja
    Gigih Dwi, salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), menunjukkan inovasinya. Foto: Antara/Dok UMM
    Malang: Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), merancang alat pengukur bending atau pembengkokan pada jembatan. Aplikasi ini mampu menampilkan kondisi jembatan masih layak atau tidak.

    "Tipologi daratan Indonesia terdiri dari banyak rupa. Satu pulau, belum tentu sama dengan pulau lainnya, sehingga unsur infrastruktur menjadi hal yang mendasar, terutama infrastruktur transportasi," kata salah satu mahasiswa perancang alat tersebut, Gigih Dwi, di Malang, Jawa Timur, Sabtu, 26 september 2020.

    Menurut dia, salah satu infrastruktur transportasi yang wajib ada adalah jembatan. Faktor keamanan pada bangunan jembatan juga tidak boleh ditinggalkan. Sebab, jika rusak atau rapuh, bisa fatal akibatnya.

    Selain distribusi makanan dan pertumbuhan pembangunan terhambat, dikhawatirkan juga akan ada korban. Misalnya, besi penopang jembatan yang reot atau lebih parahnya lagi bisa roboh.

    Baca: Mahasiswa UB Ciptakan Gel Pemutih Gigi dari Asam Jawa

    Ia menjelaskan, data kondisi jembatan didapat dari hasil pengukuran di display secara otomatis pada smartphone. Jembatan akan dilengkapi sensor strain gauge untuk mengukur bending. Hasil pengukuran akan diolah oleh sistem mikrokontroler menggunakan Arduino Uno Atmega 328, kemudian ditampilkan pada aplikasi berbasis mobile android.

    Sensor strain gauge adalah komponen elektronika yang dipakai untuk mengukur tekanan (deformasi atau strain). Alat ini berbentuk foil atau kawat logam yang bersifat insulatif (isolasi) yang ditempel pada benda yang akan diukur tekanannya dan tekanan berasal dari pembebanan.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id