12 PTNBH Terima Dana Hibah Penelitian Kemenristek, UI Paling Besar

    Ilham Pratama Putra - 16 Februari 2021 19:09 WIB
    12 PTNBH Terima Dana Hibah Penelitian Kemenristek, UI Paling Besar
    Menristek Bambang Brodjonegoro. Foto: Zoom



    Jakarta: Kementerian Riset Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menganggarkan dana penelitian sebesar Rp399,3 miliar untuk Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) di tahun ini. 

    Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro memaparkan, 12 PTNBH yang mendapat hibah dana tersebut.  Dana terbesar akan diterima oleh Universitas Indonesia (UI) yakni Rp45,9 miliar.




    "Kedua Universitas Gadjah Mada (UGM) Rp40,5 miliar, ketiga Institut Teknologi Bandung (ITB) Rp40,3 miliar," kata Bambang dalam dalam konferensi pers daring Pendanaan Penelitian untuk PTNBH dan Tematik, Selasa,16 Februari 2021.

    Selanjutnya, Universitas Airlangga (Unair) akan menerima dana sebesar Rp39,1 miliar. Sedangkan Universitas Diponegoro (Undip) sebesar Rp38,8 miliar.

    "Keenam Institut Pertanian Bogor (IPB) Rp33,3 miliar, ketujuh Universitas Padjadjaran (Unpad) Rp32,4 miliar," sambung Bambang.

    Baca juga:  2021, Alokasi Dana Penelitian di PTNBH Capai Rp399,3 Miliar

    Berikutnya, Universitas Sumatera Utara (USU) menerima Rp30,5 miliar. Universitas Hasanuddin (Unhas) Rp29,1 miliar dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Rp28,5 miliar.

    "Sebelas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yakni sebesar Rp24,2 miliar dan terakhir PTNBH paling baru Universitas Sebelas Maret (UNS) sebesar Rp15,2 miliar," sebut Bambang.

    Bambang berharap alokasi anggran ini mampu memicu kegiatan riset dan teknologi yang lebih produktif dan intensif di masing-masing institusi. Ia ingin pimpinan universitas dapat mengelola anggaran tersebut sebaik mungkin.

    "Dengan input seperti itu kita harapkan output-nya yang maksimal seperti layaknya hasil produksi, dengan input terbatas hasilnya bisa optimal," tutup Bambang.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id