2021, Alokasi Dana Penelitian di PTNBH Capai Rp399,3 Miliar

    Ilham Pratama Putra - 16 Februari 2021 15:34 WIB
    2021, Alokasi Dana Penelitian di PTNBH Capai Rp399,3 Miliar
    Plt. Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek/ BRIN, Muhammad Dimyati. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Wibowo



    Jakarta: Kementerian Riset Teknologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menganggarkan dana penelitian untuk Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) 2021. Di tahun ini anggaran tersebut dialokasikan sebesar Rp399,3 miliar.

    Plt. Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek/ BRIN, Muhammad Dimyati berkomitmen, untuk pengelolaan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Dia mengatakan anggaran tersebut berfokus pada tiga skema besar.






    "Penelitan pada tahun ini kita kelola dengan tiga skema besar, penelitan terapan, penelitian dasar, dan penelitian peningkatan kapasistas riset," kata Dimyati dalam Konferensi Pers daring Pendanaan Penelitian untuk PTNBH dan Tematik, Selasa, 16 Februari 2021.

    Dia mengharapkan, anggaran itu dapat dimaksimalkan. Tak hanya hasil penelitian, namun PTNBH juga diharapkan menghasilkan produk lainnya.

    "Selain menghasilkan beberapa penelitian dan publikasi, kita juga harapkan ada prototype, buku, buku ajar termasuk paten, artikel hingga kebijakan publik, termasuk juga dokumen-dokumen," terang Dimyati.

    Baca juga:  Kemendikbud: Publikasi Ilmiah Indonesia di Jurnal Internasional Melejit

    Yang paling penting kata dia, seluruh penelitian yang dilakukan juga berfokus pada sembilan fokus utama Prioritas Riset Nasional (PRN) 2020-2024.  Mulai dari kesehatan dan obat hingga rekayasa engineering.

    "Fokus PRN yang juga mengatasi soal pangan, energi, pertahanan dan keamanan, transportasi, kemaritiman, sosial hukum ekonomi seni budaya dan pendidikan serta multidisiplin lainnya," pungkasnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id