comscore

Peneliti IPB Berhasil Ungkap Misteri Kerbau Belang Toraja

Arga sumantri - 20 Januari 2022 09:21 WIB
Peneliti IPB Berhasil Ungkap Misteri Kerbau Belang Toraja
Guru Besar Pemuliaan dan Genetika, Fakultas Peternakan IPB University Ronny Rachman Noor. Foto: Dok Humas IPB University.
Jakarta: Konservasi ternak lokal sangat erat hubungannya dengan budaya setempat yang sudah mengakar selama ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. Salah satu contohnya yaitu keberadaan kerbau belang di Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Guru Besar Pemuliaan dan Genetika, Fakultas Peternakan IPB University Ronny Rachman Noor mengatakan, keberadaan kerbau belang di Tana Toraja sangat penting bagi masyarakat setempat. Ini lantaran terkait dengan budaya dan kepercayaan setempat yang diwariskan secara turun menurun.
Menurut Ronny, terkonsentrasinya populasi kerbau belang di Tana Toraja dalam jumlah yang cukup banyak memang sangat unik dan tidak ditemui di belahan dunia manapun. Bagi masyarakat Toraja, kerbau tidak saja melambangkan kesejahteraan pemiliknya namun juga merupakan bagian penting dalam upacara Rambu Solo. 

"Ritual acara pemakaman yang telah  mengakar di budaya masyarakat Toraja," ujar Roony mengutip siaran pers IPB University, Kamis, 20 Januari 2022.

Baca: Peneliti BRIN Identifikasi Tumbuhan Paku Jenis Baru di Papua Nugini

Ia menambahkan dalam ritual ini kerbau dipercaya merupakan kekuatan dan wahana arwah untuk mencapai nirwana. Semakin banyak kerbau yang dikorbankan dalam ritual pemakaman ini maka dipercaya akan semakin baik kehidupan mendiang di alam baka.  

"Oleh sebab itu harga seekor kerbau belang berkisar antara ratusan juta sampai Rp1 miliar dan sangat tergantung pada pola warna kerbau belang ini," ujarnya.

Menurut Ronny, kerbau belang yang ada di Tana Toraja memiliki pola warna yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki nama sendiri. Salah satu pola warna yang paling penting dan berharga adalah yang dinamakan Tedong Bonga Saleko.

"Kerbau belang yang masuk kategori Tedong Bonga Saleko memiliki warna dasar hitam dengan corak warna putih dengan ciri khas pola tertentu. Jarangnya kemunculan kerbau belang dengan pola warna ini membuat harga seekor Tedong Bonga Saleko dapat mencapai 1 milyar rupiah," paparnya.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id