Menristek: Ventilator Portabel akan Diproduksi Bulan ini

    Media Indonesia.com - 14 April 2020 22:17 WIB
    Menristek: Ventilator Portabel akan Diproduksi Bulan ini
    Ilustrasi ventilator portabel. Foto: UI/Humas
    Jakarta:  Gugus Tugas Covid-19 mengatakan, Indonesia membutuhkan sekitar 20-30 ribu ventilator atau alat bantu pernapasan.  Selain mendatangkan ventilator dari luar, Pemerintah juga tengah mendorong ventilator yang dibuat di dalam negeri. 

    Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza berharap proses izin produksi ventilator portabel di dalam negeri bisa berjalan dengan lancar, sehingga alat tersebut bisa segera diproduksi. “Kami harapkan ventilator portabel ini akan segera diproduksi dalam akhir minggu ini di dua industri, yaitu PT LEN dan PT Polijaya,” kata Hammam, di Jakarta, Selasa, 14 April 2020.

    PT LEN dan PT Polijaya ditargetkan sanggup memproduksi total 200 unit ventilator portabel setiap minggunya. Masing-masing memproduksi 100 unit per minggu.

    Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, berdasarkan laporan dari Gugus Tugas Covid-19, Indonesia membutuhkan sekitar 20-30 ribu ventilator atau alat bantu pernapasan.

    Baca juga:  BPPT Segera Produksi Massal Ventilator Portabel

    Namun, jumlah ventilator yang tersedia saat ini masih sangat jauh dari jumlah tersebut. “Indonesia membutuhkan ventilator lebih banyak. Oleh karena itu, selain upaya mendatangkan ventilator dari luar, kami juga mendorong ventilator yang dibuat oleh rekan-rekan kita sendiri. Baik dari LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian) di bawah Ristek maupun perguruan tinggi,” kata Bambang 

    Bambang menjelaskan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah membuat ventilator portabel dan melakukan uji bersama para dokter. Saat ini alat tersebut tengah dalam proses izin di Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes.

    “Sudah ada 18 indikator yang diuji dan masih menunggu tes indurasi,” tuturnya. (Atikah Ishmah Winahyu)

    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id