Inovasi Sumber Daya Alam, Modal Mewujudkan Indonesia Maju

    Ilham Pratama Putra - 19 Oktober 2020 21:01 WIB
    Inovasi Sumber Daya Alam, Modal Mewujudkan Indonesia Maju
    Menristek Bambang Brodjonegoro. Zoom
    Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro menyusun langkah mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara maju pada 2045. Dia membeberkan langkah awal dari cita-cita tersebut.

    Menurut Bambang, langkah pertama yang harus dilakukan ialah penelitian yang berkaitan dengan kekuatan Indonesia. Indonesia harus tahu modal apa saja yang bisa diandalkan, untuk menjadi negara maju dan memiliki daya saing.

    "Perlu riset jangka panjang. Riset kita harus inline (sejalan) dengan apa yang menjadi cita-cita dari bangsa Indonesia sendiri, Indonesia sebagai negara maju, atau negara dengan pendapatan tinggi," kata Bambang dalam konferensi virtual Euraxes ASEAN European Research Days Indonesia, Senin, 19 Oktober 2020.

    Dia menyebut, kekuatan awal yang bisa dijadikan modal ialah inovasi dari bidang Sumber Daya Alam (SDA). Dia meyakin jika Indonesia sangat kuat pada aspek SDA.

    Baca: Menristek Lirik Kerja Sama Vaksin dengan Uni Eropa

    "Kalau dari sektor saya melihat untuk kita bisa bersaing di masa depan, satu adalah sektornya berbasis SDA. Jadi artinya SDA kita harus dibuat kegitan RnD (Research and Development), harus ada inovasi sehingga kita bisa membuat nilai tambah dan bisa berkompetisi," jelas Bambang.

    Selain itu pengembangan di sektor infrastruktur. Dia menjelaskan jika pemerintah akan mengandalkan infrastruktur untuk menunjang perekonomian.

    Namun, kata Bambang, infrastruktur bukan sekadar membangun. Pembangunan infrastruktur juga harus berbasis inovasi.

    "Upaya kita adalah bagaimana mengubah paradigma pembangunan. Dari yang berbasis pada efesiensi, berubah menjadi ekonomi berbasis inovasi," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id