IPB Diminta Bantu Kembangkan Pertanian Singkong dan Sagu

    Arga sumantri - 11 September 2020 10:34 WIB
    IPB Diminta Bantu Kembangkan Pertanian Singkong dan Sagu
    Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono bersama Rektor IPB Arif Satria. Dok IPB
    Bogor: Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono meminta Institut Pertanian Bogor (IPB) University membantu mengembangkan dan meningkatkan produktivitas pertanian singkong dan sagu. Permintaan tersebut disampaikan pada kunjungannya ke IPB University, Kamis, 10 September 2020.

    "Ada lahan yang sudah siap untuk digarap kurang lebih 32 ribu hektar. Makanya saya memberikan challenge kepada IPB University untuk membantu mengelolanya terutama untuk produksi singkong," tutur Trenggono melalui keterangan tertulis, Jumat, 11 September 2020.

    Menurutnya, salah satu permasalahan utama komoditas singkong adalah kontinuitas ketersediaan dan kualitas bahan baku. Dengan tersedianya bahan baku secara kontinu, maka kebutuhan terhadap singkong sebagai bahan baku tapioka dan mocaf dapat terpenuhi di skala industri. Trenggono meminta IPB University untuk meningkatkan produktivitas singkong dengan treatment teknologi yang presisi.

    Baca: Dosen IPB Temukan Inovasi Guludan untuk Rehabilitasi Mangrove

    Tidak hanya singkong, Trenggono juga meminta IPB University untuk membantu mengembangkan komoditas sagu. Pasalnya, 50 persen sagu secara global ada di Indonesia, tetapi belum menjadi komoditas unggulan nasional.

    Menanggapi permintaan tersebut, Rektor IPB Universiy, Arif Satria mengaku siap membantu mengembangkan komoditas singkong dan sagu. Tidak hanya dari aspek inovasi dan teknologi, kata Arif, IPB juga siap membantu dari sisi sumber daya manusia.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id