RDT Covid-19 Produk Indonesia Segera Diluncurkan

    Agus Utantoro - 22 Mei 2020 22:22 WIB
    RDT Covid-19 Produk Indonesia Segera Diluncurkan
    Rapid Diagnostic Test Covid-19 produk Indonesia lebih detail. Foto: ANT
    Jakarta:  Peneliti Indonesia berhasil membuat RDT (Rapid Diagnostic Test) untuk Covid-19. Alat ini, berbasis antibodi untuk mendeteksi IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan Covid-19.

    Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meluncurkan karya Anak Bangsa yang diberi nama RI-GHA 19 tersebut pada Mei 2020 ini.  Guru Besar FK-KMK UGM, Prof. dr. Sofia Mubarika Haryana, M.Med.Sc., Ph.D, dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, keberhasilan membuat RDT sendiri itu berawal dari keinginan untuk membantu penanganan covid-19.

    "Tiba-tiba Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menginisiasi untuk melakukan inovasi riset mengenai Covid-19," jelas Prof Sofia Mubarika atau yang biasa disapa Rika, Jumat, 22 Mei 2020.

    BPPT, kata Rika, mengundang dan mengajak beberapa peneliti Indonesia untuk bergabung melakukan riset dalam usaha penanganan Covid-19.  "Kebetulan penelitian saya sebelumnya adalah mengenai virus yang terkait dengan kanker, yaitu Epstein-Barr Virus (EBV). Saya juga mempelajari bidang imunologi dan biologi molekular, sehingga saya bersedia  bergabung,"  ungkapnya.

    Baca juga:  RDT Covid-19 Produk Indonesia Segera Diluncurkan

    Dalam perkembangannya, lanjutnya lagi terdapat enam bidang inovasi penelitian yang menjadi fokus BPPT dan salah satunya adalah RDT.  Rika yang sebelumnya pernah memiliki pengalaman untuk membuat rapid diagnostic test untuk Epstein-Barr Virus (EBV) pada pasien dengan kanker nasofaring.

    Kemudian bergabung melakukan inovasi penelitian rapid diagnostic test, bersama peneliti lainnya, di antaranya Prof. dr. Tri Wibawa, Ph.D., Sp.MK(K), ahli virologi Guru Besar FK-KMK UGM,  Prof. dr. Mulyanto, peneliti di Laboratorium Hepatika Mataram, Nusa Tenggara Barat.  Selain itu, juga Prof. Dr. drh. Fedik Abdul Rantam, ahli Virologi dan Prof. Dr. dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswa, Sp.KK(K)., Guru Besar Universitas Airlangga Surabaya.

    Ia mengatakan, produk RDT ini diberi nama RI-GHA yang merupakan kepanjangan dari Republik Indonesia-Gadjah Mada-Hepatika- Airlangga.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id